PLN Cari Talenta Pekerja Berkualitas di Unair

0
(Direktur Human Capital Manajemen (HCM) PT PLN (Persero) Muhamad Ali memaparkan seminar tentang Future Electricity Through Human Capital Readiness di Universitas Airlangga, Rabu (13/3/2019). suarakarya.co.id/Dok Humas PLN)

JAKARTA (Suara Karya): PT PLN (Persero) lakukan program rekrutmen karyawan di Airlangga Convention Centre, Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Rabu, (13/3/2019). Ini dilakukan guna mencari talenta berkualitas dan memenangkan persaingan usaha di era serba kompetitif dan disruptif saat ini.

Employer Branding yang membidik milenial ini menyadari, lebih efektif jika pesan tentang PLN disampaikan oleh para milenial PLN dalam bahasa dan gaya mereka. Maka setelah acara dibuka dengan sambutan Rektor Unair Prof. Dr. Muhammad Nasih, SE. MT.

Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali mengatakan, dirinya sebagai Casting Director dalam PLN Casting Program, yang menghimpun talenta terbaik Indonesia, berkarya di panggung nasional dan global bersama PLN.

“Kami memilih istilah casting program dan bukan rekrutmen pegawai, karena PLN selalu menghadirkan perubahan sesuai kebutuhan zaman. Di era milenial ini, rekrutmen terdengar konvensional dan berkonotasi sebagai bekerja secara konvensional sebagai kewajiban mendapatkan penghasilan semata,” kata Ali melalui siaran persnya yang diterima suarakarya.co.id di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Sedangkan istilah Casting Program mengapresiasi kaum milenial dengan menghadirkan panggung bagi maha karya para milenial, yang mengekspresikan diri secara profesional, fun, up to date dan happy sehingga layak masuk dalam “in the spot light” di panggung industrial kaum milenial di dalam dan luar negeri.

Yang menarik pada program ini, PLN menyebut para mahasiswa yang hadir sebagai “Sparkling Talent”, talenta terbaik Indonesia yang bersinar menyambut persaingan global,“ ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas AIrlangga (Unair) Muhammad Nasih, saat memberikan sambutan pembukaan seminar mengharapkan, ajang seperti ini dirasa cukup penting, sehingga baik para mahasiswa maupun alumni mengetahui dunia kerja secara lebih konkret dan terstruktur, sehingga dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi menyongsong karir ke depan yang cemerlang.

Melalui acara seperti ini para mahasiswa diharapkan mengetahui secara detail dan komprehensif, sehubungan dengan sistem rekrutmen yang menggambarkan sistem benefit and compensation yang ditawarkan oleh PLN, budaya kerja perusahaan, dan jenjang karir di PLN yang cukup menarik, menjadi nilai lebih (value) yang ditawarkan.

“Sistem rekrutmen dengan pola employer branding ini dirasa efektif dalam menjaring potensi-potensi terbaik dari Universitas Airlangga, sehingga akan menghasilkan simbiosis mutualisme, baik bagi Unair dan juga bagi PLN. Bagi para mahasiswa maupun alumni, seminar ini diharapkan juga mendalami proses seleksi masuk PLN dan juga melihat kinerja PLN dalam membangun bangsa dan negara,” papar Nasih.

Dalam seminar bertema “Future Electricity” yang dibawakan Muhamad Ali dan Agung Siswanto, Vice President Expert Development & PLN Group, melengkapi wawasan tentang tantangan dan peluang ke depan yang harus disiapkan oleh talenta di PLN.

“Tantangan masa depan saat ini membutuhkan sentuhan para SDM milenial yang tergambar dalam semangat energi optismisme. Itu sebabnya kami membutuhkan dukungan mereka bersama dengan para talenta muda milenial PLN dari semua unit se-Indonesia, berkarya dan mendukung berbagai produk inovasi kami. (Pramuji)