Politisi Golkar Ajak Anak Muda Terapkan Pemahaman Empat Pilar dalam Kehidupan

0

KARAWANG (Suara Karya): Generasi muda diharapkan dapat merespon dan mengapresiasi upaya-upaya pemahaman Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) dengan menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Harapan sekaligus ajakan tersebut disampaikan oleh anggota MPR RI Dadang S. Muchtar saat memberikan sosialisasi empat pilar MPR di hadapan ratusan siswa dan guru SMK Pakusarakan, kecamatan Cikampek, kabupaten Karawang, Jawa Barat, (2/2/2019).

Menurut politiikus Partai Golkar tersebut, di era industei 4.0, banyak tantangan yang dihadapi generasi muda. Untuk menghadapi tantangan tsebut generasi muda perlu ditanamkan pentingnya nilai-nilai empat pilar di kalangan siswa SMK.

“Perlu pembekalan semangat kebangsaan agar memahami nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan, generasi muda, terutama kalangan siswa tidak akan terpengaruh pola hidup yang negatif seperti narkoba, ” kata Dadang.

Dalam upaya mewujudkan pemahaman bangsa Indonesia terhadap Pancasila lebih baik dan pembentukan karakter dan moral juga lebih baik, Dadang berpendapat materi sosialisasi Empat Pilar bisa dijadikan mata pelajaran di sekolah. “Tujuannya agar, dapat diajarkan kepada generasi penerus bangsa Indonesia¬† sedini mungkin tentang pendidikan moral dan pembentukan karakter yang Pancasilais kepada bangsa Indonesia, ” ujar Ketua Komisi III DPR tersebut.

Dadang S. Muchtar menegaskan anngota MPR RI berdasarkan amanah UU No 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), MPR RI memiliki kewenangan untuk melakukan sosialisasi empat pilar untuk pembentukan karakter bangsa.

“MPR di amanahkan UU untuk melakukan kegiatan pemahaman nilai-nilai luhur bangsa kepada masyarakat melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, ” kata wakil rakyat dapil Jabar VII tersebut. (Gan)