PON 20 Papua Ditunda Tahun 2021

0

JAKARTA (Suara Karya) : Setelah sempat gonjang ganjing, akhirnya Menpora Zaenudin Amali menjelaskan Presiden Jokowi mengambil keputusan menunda pelaksanaan PON ke 20 di Papua yang semestinya tahun 2020 ditunda ke Oktober 2021.

Hal itu terjadi setelah mendengarkan laporan perkembangan persiapan PON 2020 dari para menteri, seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menpora sendiri, dan beberapa peserta rapat lainnya.

Ia menyebut, beberapa pertimbangan yang mendasari penundaan itu. Pertama, penyelesaian pekerjaan fisik venue yang masih berlangsung sampai dengan sebelum pandemi virus corona atau Covid-19, akhirnya harus tertunda.

“Setelah mendengar keterangan dari berbagai pihak dan Pemerintah Papua, maka PON kita tunda ke tahun 2021. Anggaran-anggaran akan menyesuaikan semuanya, dan kita harapkan saat penyelenggaran 2021 posisi yang sangat siap,” ungkap Menpora via vidio conference.

Zainudin Amali melanjutkan, bahwa Pandemi covid-19 sangat berdampak dengan pengiriman peralatan pertandingan maupun pendukung uang didatangkan dari luar negeri. Dimana beberapa negara masih menutup akses udara dan laut.

Selain itu, beberapa kontingen juga telah meliburkan atletnya dari Pelatda, dan melakukan latihan mandiri. Sehingga prestasi PON menuju prestasi nasional tentu tidak akan maksimal. Untuk itu penundaan PON disesuaikan dengan berbagai perkembangan yang ada. terlebih setelah adanya virus corona. (Warso)