PPLP Fokus Lewat Cabang Unggulan

0

JAKARTA (Suara Karya) : Setelah memantau prestasi atlet nasional di beberapa cabang olahraga yang menjadi naugannya, Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) fokus pada atlet cabang unggulan seperti bulutangkis, angkat besi, panahan, tinju dan panjat tebing.

“Atlet yang menjanjikan meraih medali di Olimpiode masih tertumpu pada cabang angkat besi dan bulutangkis. Prestasi atlet dari cabang tersebut cukup teruji diberbagai event internasional dan sudah meraih tiket ke Olimpiade,”tegas Kabid PPLP Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Surono di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Surono mengakui, atlet yang ada dalam binaan PPLP ada di 20 cabang, namun yang menjadi unggulan jumlahnya belum keseluruhan. Dengan begitu, cabang lain tentunya dapat difokuskan pada daerahnya masing – masing.

Sementara para atlet dari cabang unggulan tetap ada dalam  naungan PPLP. Dengan pertimbangan terbatasnya anggaran, maka mau tidak mau cabang yang dibinanya juga terbatas pada cabang unggulan.

Surono menegaskan, selain fokus pada cabang unggulan pembinaan atlet yang ada dalam naungan PPLP akan dipetakan di 34 daerah sesuai perkembangan dan karakteristik perkembangan prestasi para atletnya dari 20 cabang yang ada.

Seperti halnya cabang tinju difokuskan di kawasan NTT, Papua, Sulut dan Papua yang banyak melahirkan petinju nasional. Sepakbola dikawasan Jateng, Maluku, Papua, Sumbar, dan Maluku Utara. (Warso)