Praveen/Melati Minta Maaf Tidak Bisa Menghantarkan Indonesia ke Semifinal Piala Sudirman XVII

0

JAKARTA (Suara Karya) : Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti minta maaf pada semua masyarakat Indonesia tidak bisa menghantarkan tim Indonesia maju ke semifinal Piala Sudirman XVII/2021. Hal itu terjadi setelah Indonesia dikalahkan Malaysia 2-3.

Turun di partai kelima, pasangan rangking 4 BWF itu belum berhasil memenangi laga. Juara All England 2020 itu gagal mengatasi perlawanan wakil Negeri Jiran, Hoo Peng Ron/Cheah Yee See. Andalan Indonesia itu kalah 19-21, 21-10, 16-21.

Sebelum Praveen/Melati turun bertanding di Energia Areena, Vanta, Finlandia, Jumat (1/10) malam, kedudukan antara Indonesia dan Malaysia masih 2-2.

Kekalahan Praveen/Melati dari pasangan peringkat 27 dunia tersebut membuat tim juara Piala Sudirman 1989 ini harus terhenti langkahnya di babak delapan besar. Catatan kali ini menyamai pencapaian pada perebutan Piala Sudirman 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Terus terang saya dan Meli merasa sedih dengan kegagalan ini. Kami mohon maaf kepada masyarakat Indonesia karena tidak bisa menyumbangkan angka dan mengantarkan Indonesia maju ke semifinal,” tutur Praveen dan Meli adalah panggilan akrab Melati.

Pertarungan antara Praveen/Melati dan Hoo/Cheah sebenarnya begitu menarik dan seru. Maklum di pundak mereka tergantung nasib negara masing-masing. Dari gim pertama berjalan sengit. Namun wakil negeri tetangga itu sukses memenangi gim pertama dengan 21-19.

Sebaliknya di gim kedua, Praveen/Melati begitu dominan. Permainannya keluar semua. Bahkan hingga interval gim kedua, wakil Merah-Putih itu sudah unggul jauh, 11-2. Akhirnya mereka menang dengan skor 21-9.

Di gim penentuan, Praveen/Melati sempat tetinggal jauh dan bisa menyusul 10-10. Namun smash lawan yang tak mampu ditangkis Melati, membuat skor 10-11 untuk Hoo/Cheah.

Tetapi setelah itu permainan Praveen/Melati tidak berkembang. Banyak melakukan kesalahan. Sementara serangan lawan terus menghasilkan poin. Mereka ketinggalan jauh, 12-19. Pengembalian Praveen di sisi belakang lawan, ternyata hasilnya keluar setelah dimintakan chalenge oleh pasangan Malaysia. Praveen/Melati pun kalah dan Indonesia tersisih.

“Saya dan Meli sebenarnya sudah memberikan penampilan terbaik yang kami punya. Namun, hasilnya kami kalah,” ucap Ucok, sapaan karib Praveen. (Warso)