Prodi FEB UNDIP Lolos Akreditasi Internasional FIBAA

0

JAKARTA (Suara Karya): Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (Undip) memantapkan diri sebagai salah satu Fakultas yang diakui secara internasional. Hal ini diraih setelah seluruh program studi FEB Undip berhasil lolos akreditasi internasional FIBAA (Foundation for International Business Adminitration Accreditation) yang berpusat di Jerman pada 27 November 2021.

“Capaian ini turut memantapkan Undip sebagai World Class University (WCU)”, ungkap Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama SH M.Hum.

Untuk itu Ia memberikan apresiasi dan mengajak seluruh civitas akademika untuk terus berinovasi demi kemajuan Undip.

Dirinya juga menambahkan agar seluruh jajaran Undip terus bekerjakeras untuk menjadikan Undip sebagai universitas riset yang unggul, dan diakui dunia internasional.

Sementara itu, Dekan FEB Undip, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa delapan program studi FEB Undip yang diajukan untuk proses akreditasi internasional semuanya lolos.

“Alhamdulillah cita-cita kita tercapai. Seluruh program studi FEB Undip terakreditasi internasional FIBAA.” ungkapnya saat peresmian embung dan area parkir di FEB Undip, Rabu (15/12).

Program studi FEB Undip yang lolos akreditasi FIBAA, yakni S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Ekonomi, S1 Ekonomi Islam, S2 Magister Manajemen, S2 Magister Akuntansi, S2 Magister Ilmu Ekonomi, dan S3 Doktor Ilmu Ekonomi.

“Jadi 15 program studi Undip telah terakreditasi internasional FIBAA, dan delapan program studi diantaranya berasal dari FEB Undip. Jadi Alhamdulillah kita sudah 100% terakreditasi internasional dan ikut mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Undip.” jelas Prof Suharnomo.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa proses akreditasi yang telah dilalui FEB Undip merupakan hasil kerja keras dan dukungan semua pihak di lingkungan Undip.

“Dukungan Pak Rektor beserta jajarannya yang luar biasa, dan dukungan dari teman-teman Dekan semua. Terima kasih atas doa dan supportnya.” terangnya.

Kepala Sekretariat dan Protokol Undip, Dr. Agus Suherman, S,Pi., M.Si menambahkan sebelumnya sudah tercatat 11 program studi terakreditasi internasional. Menyusul 15 program studi yang lolos akreditasi internasional yakni program studi S1 Ilmu Hukum, S2 Magister Hukum dari Fakultas Hukum (FH). Kemudian program studi S1 Administrasi Bisnis dan S1 Ilmu Komunikasi dari FISIP.

Adapun Fakultas Ilmu Budaya (FIB) ada 2 program studi lolos terakreditasi internasional yakni program studi S1 Sastra Indonesia dan S1 Sejarah Indonesia. Selanjutnya program studi S1 Psikologi dari Fakultas Psikologi. Selebihnya 8 program studi dari FEB Undip.

“Undip optimis target 40 program studi berakreditasi internasional dapat tercapai. Saat ini Undip memiliki 169 program studi dari 11 Fakultas dan 2 Sekolah yakni Sekolah Pascasarjana dan Sekolah Vokasi” kata Agus Suherman. (Bayu)