Prof.Dr. Komarudin, M.Si. Berikan Apresiasi Tes Daring Masuk SMA Labschool YP UNJ Berjalan Lancar

0

JAKARTA (Suara Karya) : Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof.Dr. Komarudin, M.Si. memberikan apresiasi terhadap kinerja semua pihak, sehingga pelaksanaan tes online SMA Labschool YP UNJ berjalan lancar, tanpa ada kendala yang berarti.

“Suasana Pandemi Covid 19 menuntut semua institusi pendidikan swasta terutama untuk adaptif. Hal tersebut tidak lain agar sekolah swasta dapat menjaga kepercayaan masyarakat. Dengan harapan, terus memberikan layanan pendidikan yang bermutu termasuk bagi Labschool YP UNJ”tegas Prof.Dr. Komarudin, M.Si.
dalam sambutan pembukaan tes PSB daring 2021 di Jakarta, Minggu (7/2/2021).

Dikatakannya, Labschool YP UNJ menggelar seleksi penerimaan siswa baru (PSB) lewat jalur tes online untuk SMA di beberapa lokasi dan berjalan lancar seperti di Rawamangun, Kebayoran, Cibubur dan Cirendu.

Pada tahun ini pendaftar jalur tes untuk seluruh Labschool YP UNJ mencapai 2342 calon siswa. Sebelumnya Labschool YP UNJ juga telah melaksanakan seleksi penerimaan jalur prestasi sebanyak 30% dari daya tampung sekolah.

“Besarnya peminat yang masuk Labschool karena awalnya selain karena kesungguhan berangkat dari moto Iman, Ilmu, Amal yang digagas oleh para pendiri Labschool. Hal itulah yang membawa kepada keberkahan,” Ujar Prof. Arief Rachman selaku tokoh pendidikan dan salah satu pendiri Labschool YP UNJ.

Pada kesempatan yang sama Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd. Kepala Badan Pengelola Sekolah Labschool YP UNJ mengatakan, sebagai sekolah swasta unggulan di DKI Jakarta, PSB Labschool YP UNJ jalur tes tahun dilaksanakan sangat berbeda. Selain tes secara daring juga bentuk soal yang berbeda menyesuaikan arah evaluasi pendidikan nasional berupa tes Skolastik, Akademik dan Asesment Kompetensi Minimal (AKM) serta survey Karakter.

Sedang Dr. Uswadin, ketua pelaksana PSB Labschool YP UNJ 2021 mengatakan, kegiatan PSB yang pertama kali digelar secara daring ini secara umum berlangsung sukses. “Di awal persiapan hingga ujicoba, kami menghadapi berbagai kendala terutama dalam sistem aplikasi tes yang kami kembangkan sendiri. Namun dengan berbagai masukan dan upaya serta kolaborasi akhirnya semua kendala yang sebelumnya muncul pada saat pelaksanaan tes dapat ditangani”, ujar Dr. Uswadin.

Adapun Humas PSB Labschool YP UNJ 2021 Gilang Saputro, M.Hum., menyampaikan bahwa, berbagai masukan dari calon peserta didik sangat diupayakan untuk terfasilitasi. Semua saran yang disampaikan kepada Labschool YP UNJ menjadi masukan bagi tim PSB untuk siap dalam melaksanakan.

Gilang juga menyampaikan bahwa, pada 14 Februari 2021 mendatang, juga akan dilaksanakan Tes untuk penerimaan peserta didik SMP Labschool YP UNJ secara daring. Dengan suksesnya pelaksanaan tes SMA, maka tes SMP diharapkan juga lebih sukses. (Warso)