Promosi Indonesia, KBRI Seoul Kembali Gelar Lomba Karya BIPA Korea Batch#2

0

JAKARTA (Suara Karya): Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul kembali menggelar Lomba Karya Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Korea batch#2 pada tahun ini. Lomba dibuka Duta Besar RI, Gandi Sulistiyanto di Wisma Duta Besar RI, Seoul, Sabtu (11/6).

Dubes Sulis menyampaikan dukungan penuh terhadap program BIPA sebagai bagian dari upaya mempererat hubungan bilateral Indonesia dengan Korea dan meningkatkan hubungan antara warga Negara Indonesia dengan warga Negara Korea.

“Program BIPA menjadi salah satu media yang efektif untuk mengenalkan dan mempromosikan budaya dan bahasa Indonesia kepada masyarakat Korea melalui orang Korea,” kata Dubes Sulis dalam siaran pers, Selasa (14/6/22).

Dengan mempelajari bahasa Indonesia, kata Dubes Gandi, para peserta BIPA dapat lebih mengenal dan memahami Indonesia baik itu penduduk, budaya, kesenian dan hal lainnya. “Hal itu diharapkan akan mendorong aspek ekonomi kedua negara,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan para pemelajar BIPA Korea untuk terus berlatih bahasa Indonesia. Lewat lomba karya BIPA ini, KBRI Seoul memberi kesempatan kepada peserta program BIPA untuk mempraktikan keterampilan bahasa Indonesia yang telah dipelajarinya.

“Lomba ini sangat bagus untuk peserta program BIPA, karena memberi motivasi kepada peserta untuk terus meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa Indonesia,” katanya.

Kepada para pemelajar program BIPA yang telah menjadi finalis lomba BIPA, Dubes Sulis mengajak untuk berpartisipasi pada Festival Handai Indonesia (FHI) yang diadakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang digelar setiap tahun jelang Bulan Bahasa pada Oktobe

“Kegiatan FHI ini merupakan langkah terobosan Kemdikbudristek dalam menduniakan BIPA yang diikuti warga Negara asing dari 31 negara,” kata Sulistiyanto menandaskan.

Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Kemdikbudristek, Iwa Lukmana yang hadir pada pembukaan acara itu menyampaikan apresiasi atas terlaksananya lomba BIPA Korea bacth#2. Kegiatan itu bagian dari upaya mempromosikan bahasa Indonesia menjadi bahasa dunia.

“Kegiatan lomba ini juga menjadi sarana memperkenalkan bahasa Indonesia melalui orang Korea. Tidak hanya dari orang Indonesia kepada orang Korea, tapi juga dari orang Korea yang telah mahir berbahasa Indonesia kepada orang Korea lainnya,” tutur Iwa.

Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Seoul, Gogot Suharwoto selaku ketua panitia menyampaikan, lomba karya BIPA bacth#2 meliputi 3 jenis lomba yaitu membuat video review makanan, promosi wisata Indonesia, dan mendongeng cerita rakyat Indonesia.

Jenis makanan yang direview adalah makanan khas Indonesia antara lain, nasi goreng, mie goreng dan bakso. Bahan promosi wisata diambil dari laman wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sedangkan naskah cerita rakyat Indonesia, yang disiapkan panitia adalah Sangkuriang, Malin Kundang, Danau Toba, Roro Jonggrang dan Timun Mas.

Atdikbud Gogot juga melaporkan, peserta program BIPA KBRI Seoul pada 2022 meningkat hingga mencapai 245 peserta dibanding batch#I, yang digelar pada November 2021. Lomba itu diikuti 185 peserta.

“Seiring bertambahnya jumlah peserta BIPA pada 2022, jumlah peserta lomba juga meningkat dibanding tahun sebelumnya, yaitu dari 60 peserta pada 2021 menjadi 90 peserta pada 2022,” ucap Gogot.

Seiring bertambahnya jumlah perusahaan multinasional Korea yang berinvestasi di berbagai bidang di Indonesia seperti Hyundai, LG, Lotte Chemical, dan POSCO, KBRI Seoul berharap peserta program BIPA di Korea juga meningkat setiap tahunnya.

Kegiatan lomba karya BIPA batch#2 akan dilaksanakan secara ‘hybrid’. Dari 15 finalis, 10 finalis diantaranya hadir secara tatap muka di wisma Dubes RI seoul, sedangkan 5 finalis hadir secara daring.

Pemenang lomba karya BIPA batch#2 untuk kategori lomba review makanan diraih Misun Kim, untuk kategori promosi wisata diraih Nuri Kim, dan untuk mendongeng cerita rakyat Indonesia diraih Sujeong Na.

Kepada para pemenang lomba, KBRI Seoul memberi piagam penghargaan dan hadiah sebagai bentuk apresiasi atas usaha peserta lomba karya BIPA bacth#2 tahun 2022.

Salah satu pemenang lomba, Sujeong Na memberi apresiasi kepada KBRI Seoul yang telah menggelar lomba BIPA sebagai ajang untuk mempraktikan kemahiran bahasa Indonesianya.

“Saya sangat bangga bisa mendongeng di depan juri dan berkunjung di wisma KBRI serta mendapat jamuan makan menu Indonesia yang lezat,” kata Sujeong Na. (Tri Wahyuni)