Promosikan Budaya Indonesia, KBRI Bangkok Gelar IndoFest

0

JAKARTA (Suara Karya): Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok kembali menggelar Festival Indonesia (IndoFest) guna memeriahkan peringatan ulang tahun ke-70 hubungan diplomatik Thailand dan Indonesia.

“IndoFest kali ini diadakan di Universitas di Nakhon Pathom Rajabhat University (NPRU),” kata Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman dalam siaran pers, Jumat (28/5/2021).

Ia menjelaskan, IndoFest merupakan agenda tahunan dari KBRI Bangkok guna mempromosikan seni dan budaya Indonesia di Thailand. Perhelatan itu terselenggara berkat dukungan beberapa universitas di Thailand.

Hadir dalam acara tersebut Presiden Universitas Nakhon Pathom Rajabhat University, Virat Pinkaewn.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan presentasi seputar profil negara Indonesia, lokakarya Bahasa Indonesia, demo pembuatan batik, serta tarian Hanoman yang diikuti sekitar 100 orang.

Meski dilaksanakan secara virtual, Festival Indonesia mampu meraih antusiasme tinggi dari mahasiswa NPRU yang hadir. “Pandemi tak jadi penghalang bagi kami dan para mahasiswa untuk berkreasi,” ucap Rachmat Budiman.

Ia juga menilai, pandemi menciptakan momentum dan peluang yang lebih baik untuk meningkatkan kolaborasi kedua negara.

Festival Indonesia yang telah digelar untuk ke-4 kalinya itu, menurut Rachmat, tak hanya menempatkan Indonesia di hati dan pikiran masyarakat Thailand, tetapi juga kontribusi dalam peningkatan kerja sama bilateral dan kawasan.

Dubes Rachmat Budiman juga memberi apresiasi tinggi dan berterima kasih kepada pihak universitas, khususnya Office of Arts and Culture, yang bersedia menjadi tuan rumah acara tersebut.

Senada dengan itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Atdikbud RI) di Bangkok Achmad Wicaksono menyampaikan terima kasih kepada perwakilan Absolute Thai, Dr Phaphatsorn, yang memimpin IndoFest secara sukses

“Kerja keras dan manajemen waktu merupakan dua hal yang membuat acara ini sukses,” ucap Achmad.

Ia berharap, program IndoFest dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang sebagai ajang promosi seni, budaya dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Thailand. (Tri Wahyuni)