Provinsi Jabar Raih Juara Umum O2SN 2022 Tingkat Nasional

0

JAKARTA (Suara Karya): Provinsi Jawa Barat (Jabar) berhasil meraih juara umum dalam kompetisi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2022 Tingkat Nasional. Dalam acara digelar secara hybrid dari Bogor itu, Jabar mendapat 9 medali emas, 5 medali perak, dan 5 medali perunggu.

“Kepada peserta yang belum menjadi juara, hendaknya tidak berkecil hati. Masih ada kesempatan lain untuk berprestasi,” kata Direktur SMK, Wardani Sugiyanto saat menutup O2SN 2022 Tingkat Nasional secara daring, Kamis (8/9/22).

Kompetisi O2SN yang dihelat Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) itu berlangsung selama 4-9 September 2022.
Peserta berasal dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan pendidikan khusus/luar biasa (SDLB/SMPLB).

Total peserta yang ikut berkompetisi di O2SN 2022 sebanyak 1.351 peserta dengan rincian 319 peserta SD/MI, 319 peserta SMP/MTS, 272 peserta SMA/MA, 244 peserta SMK, dan 197 peserta SLB.

Wardani menambahkan, olahraga penting dikenalkan pada anak karena hal itu akan membangun karakter disiplin, sportifitas, karakter pejuang dan pekerja keras, karakter berkolaborasi, bahkan memperkokoh jiwa patriotisme dan nasionalisme.

“Sebagai pecinta olahraga, saya bangga dapat menyapa peserta O2SN. Kalian menjadi bukti generasi muda Indonesia yang tangguh, karena meski pandemi tetap memiliki semangat untuk berkompetisi,” ujarnya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Muslih dalam laporannya menyampaikan, O2SN 2022 mengusung tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Berprestasi Lebih Hebat’.

Ada 9 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, yaitu pencak silat dan karate untuk jenjang Dikdasmen, tolak peluru, bocce, tenis meja, bulu tangkis, basket, balap kursi roda, dan lompat jauh tanpa awalan untuk jenjang Diksus telah menghasilkan 84 siswa peraih medali.

Jumlah medali yang disiapkan, yaitu 24 medali emas, 24 medali perak serta 36 medali perunggu. Selain medali, para pemenang akan mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan.

Salah satu peserta cabor karate, M Nabil Askari dari SLB Negeri Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat Jambi mengaku senang bisa mengikuti O2SN. Ia berharap, kompetisi O2SN dapat diadakan secara rutin.

Selanjutnya, wasit cabor karate jenjang SMP, Heni Suryo Samudro berharap penyelenggaraan O2SN di masa mendatang dapat dilakukan secara luring. “Ketika melakukan penilaian lewat rekaman video, ada kemungkinan efek suaranya tidak nyata atau buatan sehingga muncul pengurangan penilaian,” katanya.

Sebagai informasi, total pendaftar O2SN 2022 berjumlah 10.490 orang. Mereka harus melalui seleksi tingkat kabupaten/kota dan provinsi serta diikuti perwakilan siswa Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Adapun 5 besar provinsi yang meraih medali terbanyak setelah Jabar, adalah Jawa Timur, DKI Jakarta, Yogyakarta dan terakhir Jawa Tengah. (Tri Wahyuni)