PT KAI Sediakan WiFi Gratis Berkecepatan Tinggi

0

JAKARTA (Suara Karya): PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan fasilitas WiFi  gratis di peron stasiun-stasiun kereta api Jabodetabek. Untuk penyediaan WiFi gratis tersebut, KAI bekerja sama dengan PT Pulau Pulau Media (MacroAd).

Executive Vice Presiden KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rusdiansyah menjelaskan, peluncuran fasilitas WiFi gratis untuk pengguna KA yang dinamakan WiFi MacroAd di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, pada Rabu, (27/2/2019).

Dikatakan Dadan, pengguna KA akan dimanjakan dengan WiFi gratis berkecepatan di atas 250 mbps. Hingga saat ini, sebanyak 46 stasiun di Jakarta dan sekitarnya telah terpasang WiFi MacroAd. Sedangkan 37 stasiun lainnya di Jabodetabek akan terpasang sekitar akhir  Maret 2019.

Dijelaskannya, penggunaan WiFi MacroAd dilakukan dengan proses registrasi terlebih dahulu. Penggunanya cukup memasukan nomor telepon dan tanggal lahir. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan WiFi secara gratis selama  30 menit pertama. Apabila pengguna ingin menggunakan WiFi gratis lagi, pengguna cukup melakukan login kembali.

Pengembangan berikutnya adalah pemasangan WiFi gratis di KA Jarak Jauh, KRL, dan stasiun di kota-kota lainnya. Fase pertama pemasangan WiFi gratis untuk KA Jarak Jauh dimulai dari 100 kereta KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung PP).

Selanjutnya, KAI dan MacroAd akan memasang WiFi gratis di sepanjang stasiun yang dilewati KA Argo Parahyangan. Kemudian proyek pemasangan WiFi gratis akan dilanjutkan pada 40 rangkaian dalam waktu dekat di KRL Commuterline, dan stasiun-stasiun KA jarak jauh dari Jakarta hingga Surabaya.

“Dengan adanya WiFi gratis di stasiun dan di kereta api ke depannya, penumpang akan lebih nyaman saat menunggu kedatangan kereta atau selama dalam perjalanan. KAI dan MacroAd berharap kerjasama ini dapat meningkatkan jumlah calon pengguna kereta sampai masa mendatang,” kata Dadan.

“Kerja sama antara KAI dan MacroAd dalam hal pemasangan WiFi MacroAd tersebut merupakan bentuk kepedulian sekaligus partisipasi dalam mengembangkan digital ekosistem yang mencerdaskan publik pengguna transportasi massal. Dengan demikian, KAI turut menciptakan smart transportation yang menghibur dan informatif,” kata Direktur Operasional MacroAd Rudi Chandra. (Bobby MZ)