PT KWL Bantu Sejahterakan Warga Kutai Barat lewat Kakao

0

JAKARTA (Suara Karya): PT Kelawit Hutani Lestari (KWL) belum lama ini bergabung dalam Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang digagas APP Sinar Mas. Daerah binaan yang dipilih adalah Desa Kendesiq, Kecamatan Silug Ngurai Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Program kesejahteraan yang dilakukan PT KWL berupa perkebunan kakao yang di kelola oleh kelompok tani yang sudah ditunjuk warga desa setempat.

“Ini merupakan komitmen perusahaan guna membantu menyejahterakan masyarakat sekitar lahan, lewat program DMPA yang berhasil diterapkan selama ini,” Distrik Manager PT KWL, Arnold Siagian dalam siaran pers, Sabtu (22/5/2021).

PT KWL merupakan mitra pemasok APP Sinar Mas. Bantuan tersebut berupa bibit kakao sebanyak 657 bibit, penyediaan sarana produksi pertanian dan bantuan pembukaan lahan tanpa perlu membakar.

Selain program kebun kakao, lanjut Arnold, Desa Kendesiq sebelumnya telah mendapat bantuan hewan ternak berupa 21 ekor babi yang terdiri dari 3 ekor indukan dan 18 anakan yang dikelola salah satu kelompok tani.

Arnold berharap, program desa binaan itu dapat dikelola secara berkesinambungan oleh kelompok tani yang ada di Desa Kendisiq. Sehingga terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, tanpa perlu melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Aktivitas warga desa dalam berkebun dan beternak diharapkan dapat menyejahterakan warga di desa tersebut. Sehingga warga tak lagi melakukan pembakaran lahan, guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Program DMPA sendiri bertujuan untuk mengajak dan membina masyarakat untuk mengelola lahan secara agroforestri, dengan cara tidak membakar. Selain itu, program juga memberi kesempatan masyarakat untuk meningkatkan pendapatannya.

Di Provinsi Kalimantan Timur sendiri program DMPA yang inisiasi APP Sinar Mas bersama mitra pemasoknya telah berjalan di 25 Desa dengan total penerima manfaat mencapai 200 kepala keluarga (Kk) yang tersebar di 3 kabupaten. (Tri Wahyuni)