PTK-BNI Syariah Biayai Pengadaan Kapal Angkut

0

JAKARTA (Suara Karya): PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan Bank BNI Syariah bekerja sama melakukan pembiayaan pengadaan kapal. Ini sebagai strategi meningkatkan kehandalan moda angkut kebutuhan energi nasional dan untuk melaksanakan program investasi khususnya pengadakan kapal.

Diketahui, kerja sama yang telah ditandatangani tersebut adalah Akad Pembiayaan Investasi Musyarakah senilai Rp. 175.000.000.000 untuk mendukung Program Investasi Pembangunan 2 (dua) unit Kapal Harbour Tug 3200 HP, dengan jangka waktu 7 tahun.

Pada saat ini jumlah kapal milik PTK sudah mencapai lebih dari 100 unit (TMT Oktober 2020 ada 122 unit) terdiri dari kapal Cargo, Small Tanker, AHTS, Harbour Tug, Mooring Boat, SPOB, Pilot Boat dan RIB;  dan juga PTK mempunyai 4 (empat) Anak Perusahaan ; PT Peteka Karya Samudra, PT Peteka Karya Gapura, PT Peteka Karya Tirta dan PT Peteka Karya Jala; dan 1 (satu) join venture yakni ; PT Trans Young Maritime.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Pertamina Trans Kontinental, Nepos MT Pakpahan berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala sehingga tidak saja memberikan keuntungan bagi PTK, namun juga untuk BNI Syariah. Keuntungan bagi PTK adalah mendapatkan dana untuk pembiayaan pembangunan kapal-kapal PTK, sedangkan BNI Syariah dapat menyalurkan pembiayaan dengan bunga yang kompetitif.

Ditambahkan Nepos, kerjasama PTK dengan BNI Syariah ini juga ikut menggairahkan dan menggerakkan industri galangan kapal yang saat ini kondisinya kurang menggembirakan karena dampak ekonomi nasional dan global serta pandemi Covid- 19. Selain itu juga untuk ikut membantu Pemerintah dalam penyerapan tenaga kerja dan menggerakan perekonomian, serta menunjang Induk Perusahaan PT Pertamina (Persero) dalam mendistribusikan BBM keseluruh Indonesia.

Pemimpin Divisi Komersial BNI Syariah, Daryanto Tri Sumardono dengan akad plafon pembiayaan investasi ini bisa mewujudkan program pengadaan kapal PTK. “Dengan pembiayaan pengadaan kapal ini harapannya bisa menujang kinerja operasi dan keuangan PTK”, kata Daryanto, Jumat (2/10/2020).

Hadir pada acara pendantanganan kerjasama tersebut, dari pihak PTK adalah Direktur Utama, Nepos MT Pakpahan; Direktur Keuangan & SDM, Azwani;  VP Vinance, Baheramsyah dan Pjs. Corporate Secretary, Eva Mayasari Saragi; sedangkan dari pihak BNI Syariah dihadiri oleh Pemimpin Divisi Komersial, Daryanto Tri Sumardono; Deputi Divisi Komersial, Andry Widiyanto; Team leader Divisi Komersial, Fahreza Faris; Deputy Financing Administration Service, Fransiska Siswantari. (Andara Yuni)