PTK Komitmen Jaga Integritas dan Transparansi dengan Mitra Kerja

0

JAKARTA (Suara Karya): PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melaksanakan kegiatan Vendor Day pada 31 Agustus 2022 di Ruang Aula Serbaguna Lantai 4, Gedung PTK Pusat, Jakarta.

Kegiatan ini merupakan momen PTK untuk menyosialisasikan kebijakan terbaru dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan perusahaan yang mengedepankan aspek health, safety, security, and environment (HSSE) yang menggandeng vendor lokal.

Selain itu, kegiatan tahunan ini adalah bentuk komitmen PTK untuk menjaga integritas dan kredibilitas mitra kerja atau vendor.

Dengan mengusung tema “Great Synergy for a Great Business”, PTK berharap acara ini dapat menjadi sarana pertukaran informasi antara PTK dan mitra kerja sehingga memiliki satu kesepahaman mengenai pengadaan barang dan jasa demi mendukung kelancaran operasional perusahaan.

Acara ini dihadiri oleh Dewan Komisaris, Direksi dan Manajemen PTK serta vendor-vendor atau mitra kerja PTK baik secara daring maupun luring.

“Sinergi berarti bersama-sama. Dalam hal ini perlu kerja sama dengan mitra kerja yang sesuai dengan kompetensinya untuk bersama-sama dalam mencapai satu tujuan sehingga PTK beritikad untuk memperlakukan vendor sebagai mitra kerja,” ungkap Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan.

Nepos menambahkan bahwa kegiatan Vendor Day ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh PTK sebagai implementasi pembinaan hubungan bisnis antara PTK dengan vendor sehingga PTK ingin membangun komunikasi dua arah yang baik dengan vendor/mitra kerja.

“HSSE merupakan bagian terpenting dari kegiatan operasi, sehingga PTK mengharapkan mitra kerja dapat ikut mendorong transformasi PTK dengan lebih mengedepankan aspek HSSE” lanjut Nepos.

Pada kesempatan ini, disampaikan beberapa hal mendasar dalam hubungan PTK dengan para mitra, diantaranya komitmen PTK menjaga sinergi yang baik, yaitu empat upaya yang meliputi operational excellence, mempercepat durasi proses prakualifikasi, mempersingkat proses pembayaran, dan meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Selain itu, rencana Go Live Implementasi Full Cycle CSMS (Contractor Safety Management System) yaitu sistem keselamatan yang dikelola PTK untuk memastikan kontraktor memiliki sistem manajemen HSE sesuai standar, pada bulan Oktober 2022, juga penjelasan mengenai Good Corporate Governance (GCG), di mana PTK menjalankan sistem manajemen anti penyuapan sesuai ISO 37001:2016 yang wajib ditaati oleh mitra yang bekerja sama dengan PTK.

Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan komitmen HSSE yang dilakukan sebagai wujud kesepahaman bersama antara PTK dan vendor untuk senantiasa mengedepankan aspek HSE dalam kegiatan operasional yang diwakili oleh PT Wahana Jaya Samudera, PT Pelayaran Multi Jaya Samudera, dan PT Swakarsa Bhakti Mandiri.

Diharapkan tercipta sinergi yang baik antara PTK dengan mitra untuk mewujudkan pencapaian kinerja perusahaan yang produktif, berkesinambungan, serta tetap efektif dan efisien. (Bobby MZ)