PTK Komitmen Pulihkan Ekonomi Lingkungan Melalui CSR

0

JAKARTA (Suara Karya): PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) terus menunjukan komitmennya dalam melakukan pemulihan ekonomi masyarakat dengan menjalankan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) secara berkelanjutan.

Rupanya, komitmen itu berbuah manis. PTK berhasil meraih penghargaan Pilar Lingkungan terbaik dengan empat bintang kategori Anak Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada TJSL & CSR Award 2022

Penghargaan ini diberikan oleh E Kurniawan Padma selaku Komite Ahli CSR Bidang Lingkungan Corporate Forum for CSR Development (CFCD) kepada Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan pada hari Kamis (11/8/2022) di Hotel JW Marriott, Jakarta Selatan.

“Peran perusahaan sebagai agent of development menuntut perusahaan berkontribusi dalam pembangunan nasional, dalam hal ini kami berupaya mewujudkan peran BUMN sebagai akselerator kesejahteraan sosial dan pertumbuhan ekonomi melalui program TJSL yang dilakukan PTK,” kata Nepos di lokasi acara..

Acara penghargaan ini merupakan tahun kedua diselenggarakan yang didukung oleh Indonesia Shared Value Institute (ISVI) sebagai bentuk apresiasi bagi BUMN dan anak perusahaannya yang telah menjalankan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR). Program TJSL atau CSR yang dijalankan telah mendukung pemulihan ekonomi nasional, sesuai dengan tema penghargaan tahun ini, yaitu “Akselerasi BUMN Mendorong Pemulihan Ekonomi Melalui TJSL & CSR”.

Berdasarkan Permen BUMN No. PER-05/MBU/04/2021 Tahun 2021, terdapat empat kategori penilaian TJSL & CSR Award yang sejalan dengan empat pilar SDGs, yaitu pilar sosial, ekonomi, lingkungan, serta hukum dan tata kelola, serta memberikan nilai tambah (Creating Shared Value) bagi perusahaan.

Program TJSL yang dijalankan oleh perusahaan lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya, serta dapat dipertanggungjawabkan.

PTK meraih penghargaan tersebut berkat keberhasilan Program Bank Sampah Tanjung Sari Jambi, Sumatera Selatan, yang direvitalisasi kembali melalui Taman Kreasi dan Taman Vertikal sebagai wadah yang menampung semua hasil kreativitas anggota dari pengolahan sampah menjadi produk berguna.

Program Desa Energi Berdikari yang merupakan program unggulan bidang lingkungan TJSL PTK ini merupakan bagian dari Program Desa Energi Berdikari PT Pertamina (Persero) yang bertujuan agar desa mendapatkan manfaat dari energi terbarukan yang lebih terjangkau, dapat diandalkan, dan berkelanjutan sehingga bisa memberikan dampak kemajuan bagi masyarakat baik dari aspek ekonomi, maupun lingkungan.

Salah satu kegiatan Desa Energi Berdikari yang sedang dikembangkan saat ini adalah pengelolaan minyak jelantah menjadi menjadi produk rumah tangga yang bermanfaat, seperti sabun cuci, sabun lantai, lilin, dan juga biosolar sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan.

PTK sebagai bagian dari sub holding Integrated Marine Logistics berkomitmen untuk mengembangkan berbagai program CSR secara berkelanjutan dan mengoptimalkan potensi masyarakat. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung perekonomian sekaligus sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat di wilayah operasional perusahaan.