PYC Bantu APD dan 250 Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

0
Ketua Purnomo Yusgiantoro Center Filda Citra Yusgiantoro (tengah), membagikan paket sembako kepada pengemudi ojek online di Jakarta, Jumat (24/4/2020). Total bantuan yang diserahkan sebanyak 250 paket sembako, kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Jakarta, serta bantuan alat pelindung diri (APD) kepada empar rumah sakit di Jakarta. (suarakarya.co.id/Dok Humas PYC)

JAKARTA (Suara Karya): Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) memberikan bantuan alat perlindungan (APD) ke sejumlah rumah sakit (RS) di Jakarta, dan membagikan 250 paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Ketua PYC Filda Citra Yusgiantoro mengatakan, pembagian paket sembako diberikan kepada semua orang dari berbagai macam tingkat sosial. “Hanya imbas dari masing-masing kelompok berbeda-beda, ada yang harus dibantu karena secara ekonomi sangat berpengaruh,” kata Filda kepada wartawan di Jakarta, Jumat 24/4/2020).

(kiri-kanan) Lurah Kelurahan Melawai, Jakarta Selatan, Hj. Chenris Rahmasari menerima bantuan secara simbolis berupa paket sembako. Bantuan diserahkan langsung oleh Ketuan PYC Filda Citra Yusgiantoro di Kantor Kelurahan Melawai, Jumat (24/4/2020). Nantinya bantuan akan diteruskan kepada para petugas kebersihan dan keamanan di Kelurahan Melawai. (suarakarya.co.id/Dok Humas PYC)

Diungkapkan Filda, tim PYC berkeliling ke sejumlah daerah di Jakarta untuk memberikan bantuan sembako kepada para pengemudi ojek, pengemudi taksi, pedagang kecil, pengumpul barang bekas, serta petugas kebersihan dan masyarakat lain yang membutuhkan.

“Para pedagang kecil yang biasanya berjualan di daerah perkantoran penghasilan sangat menurun karena tutupnya perkantoran dan pegawainya bekerja dari rumah,” kata Filda.

Tim Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada RS Koja, Jakarta utara, Jumat (24/4/2020) (suarakarya.co.id/Dok Humas PYC)

Selain itu lanjut dia, disektor kesehatan, beberapa rumah sakit juga mengeluhkan sulitnya penyediaan APD untuk tim medis. Selain harga barang yang tinggi, ketersediaan APD di pasaran juga sangat sulit ditemukan, hal itu yang mendorong PYC memberikan bantuan APD kepada rumah sakit.

“Jumlah pasien yang terkena Covid-19 ini terus bertambah, bahkan tidak sedikit tim medis yang terjangkit virus ini dari pasien yang mereka tolong, bahkan hingga sampai mengorbankan nyawa. APD ini sangat mereka butuhkan untuk perlindungan diri, dan menolong ribuan pasien terpapar Covid-19,” ujarnya.

Seorang pedagang kelontong di wilayah Jakarta Selatan, menerima bantuan paket sembako dari Purnomo Yusgiantoro Center (PYC), Jumat (24/4/2020). Bantuan diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. (suarakarya.co.id/Dok Humas PYC)

Diketahui, ada empat rumah sakit yang sudah diberikan bantuan APD yakni, RS. Tamansari, RS. PELNI, RS Koja dan Klinik Utama Rawat Inap Prima Medika Ciledug yang di kirimkan pada 15 dan 16 April 2020.

“Sumbangan APD yang diberikan ke rumah sakit memang tidak semua ke rumah sakit rujukan Covid-19 tapi rumah sakit yang memang membutuhkan APD ini. Selain di Jakarta dan sekitarnya kami juga akan segera mengirimkan APD ke rumah sakit di daerah seperti Semarang, Wonosari, Bandung, Yogyakarta dan Bangka Belitung,” ujarnya.

Penjual lepet di daerah Buncit, Jakarta Selatan, menerima bantuan paket sembako dari Purnomo Yusgiantoro Center (PYC), Jumat (24/4/2020). Bantuan diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. (suarakarya.co.id/Dok Humas PYC)

Filda mengimbau, disaat pandemi Covid-19 ini berlangsung sebagai anak bangsa masyarakat harus saling membantu satu dengan yang lain. Hampir semua masyarakat Indonesia terkena imbasnya, hanya akibat yang ditimbulkan berbeda-beda satu dengan yang lain. (Bayu)