Suara Karya

Raih Juara Poster, Tekad Yusro : Berusaha Sumbang yang Terbaik Bagi UNJ

JAKARTA (Suara Karya) : Tampil juara dibeberapa lomba sudah terbiasa dialami Muhammad Najmil Yusro semenjak kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Begitu juga saat dinobatkan sebagai juara lomba Poster Nasional yang diselenggarakanWR III, ICT Club, ASA, dan LDK GJU.

“Saya mengucapkan terima kasih pada Dosen Pembimbing yang selalu mengarahkan Muhammad Najmil Yusro tampil sebagai juara dalam lomba desain. Begitu juga pada Dekan FIP Dr. Sofia Hartati, M.Si yang memberikan dukungan mahasiswanya mengikuti lomba dan langganan tampil juara,”kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si. di Jakarta, kemarin.

Melalui berbagai dukungan dan memberikan kesempatan kapada para mahasiswa menyalurkan kreatifitasnya saat mengikuti lomba, mampu membawa nama harum UNJ dan memberikan wawasan yang luas dalam menggapai masa depan yang cerah nantinya.

Pada kesempatan terpisah Muhammad Najmil Yusro mengaku,
awal mula menekuni hoby-nya diawali dengan kesukaan dengan hal-hal yang sifatnya imajinatif, dengan menggambar dikertas sampai akhirnya mencoba di desain grafis.

Menurut Alumni pelajar SMA Teladan I Jakarta ini, menyalurkan bakatnya langsung memberanikan diri dan mencoba mengikuti lomba Pekan Ilmiah Mahasiswa UNJ. Bahkan saat itu belum tahu bahwa syarat proposal harus menyertakan desain prototypenya.

“Dengan waktu 1 bulan diharuskan menyelesaikan prototype tersebut. Sampai akhirnya Dosen Pembimbing yaitu Ibu Dr. Murni Winarsih, M.Pd memberikan saran untuk mencoba semampunya dan memberitahu bahwa ibu akan selalu support kamu untuk berprestasi,”kenang mahasiswa angkatan 2019 Pendidikan Khusus UNJ ini.

Dengan dukungan tersebut,
semangatnya semakin tertantang. Sampai-sampai Yusro menguatkan tekat untuk belajar sendiri melalui channel-channel YouTube. Dari sinilah letak ketertarikannya pada dunia desain grafis semakin menjadi-jadi. Karena dia merasakan banyak tantangan dan hal yang harus digali serta harus dipelajari.

Dengan waktu 1 bulan, akhirnya Yusro dapat menyelesaikan Prototype Aplikasi Dongeng Tunarungu dan Alhamdulillah mampu membawa tim Pendidikan Khusus UNJ menjadi Juara 1 pada Pekan Ilmiah Mahasiswa UNJ bidang Eksakta tahun 2020.

Atas kemenangan itu membuatnya makin berambisi untuk menekuni bidang desain. Pada tahun 2021, dia memiliki target memenangkan perlombaan-perlombaan terutama di bidang desain. Dan hal itu terjawab ketika ada perlombaan yang diselenggarakan oleh WR III, ICT Club, ASA, dan LDK GJU.

Adanya perlombaan wakktu itu bertepatan dengan bulan Ramadhan dan membuatnya mengambil tema tentang Ramadhan. Dengan bekal pengalaman dan dukungan itu akhirnya Yusro memutuskan untuk mengikuti perlombaan tersebut. ” Waktu pengerjaan karya sekitar 1 hari, Alhamdulillah saya mampu menyelesaikan dan mengumpulkan desain tersebut kepada panitia,”paparnya.

“Ketika pengumuman, saya merasa senang dan bahagia. Alhamdulillah berkat Izin Allah saya berhasil membawa piala Juara 1, sertifikat, dan uang pembinaan dari perlombaan tersebut,”akunya.

Sebulan kemudian Yusro mengikuti lomba Media Pembelajaran Nasional yang diselenggarakan Universitas Sebelas Maret. Perlombaan itu sangat mengandalkan kemampuan desain dalam pengerjaan dan penyelesaiannya. “Melalui berbagai tahapan, Alhamdulillah berkat izin Allah tim Pendidikan Khusus UNJ mendapat juara 3,”tambahnya. (Warso)

Related posts