Raih Piala Mahavidya, DKI Jakarta Juara Pertama LCCM 2023

0

JAKARTA (Suara Karya): Provinsi DKI Jakarta meraih juara pertama Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) 2023. Berkat prestasi itu, DKI menerima piala bergilir dari Mendikbusristek, Mahavidya.

Piala Mahavidya mewakili semangat LCCM dalam berkompetisi untuk merayakan pengetahuan, intelektualitas dan prestasi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dalam pidato penutupan, di Jakarta, Kamis (12/10/23) malam, menekankan pentingnya generasi muda untuk ikut melestarikan museum dan cagar budaya.

Karena kedua hal itu merupakan salah satu identitas bangsa, sekaligus sumber ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Keterlibatan generasi muda dalam LCCM menjadi bagian dari upaya melestarikan museum dan cagar budaya. Kita butuh pelajar yang unggul dan mencintai museum,” ujarnya.

Nadiem menilai, museum dan cagar budaya harus dilestarikan dari generasi ke generasi. Transformasi museum penting agar memberi manfaat bagi masyarakat luas.

“Musem dan cagar budaya harus menjadi tempat yang ramah dan menyenangkan. Karena itu, perlu dibuat ruang kolaborasi dan inovasi kepada generasi muda untuk mencintai sejarah dan peninggalan masa lalu kita,” tuturnya.

Mendikbudristek berharap, pengalaman yang diperoleh peserta dalam LCCM dapat meningkatkan rasa cinta generasi muda terhadap museum dan cagar budaya.

“Selamat kepada para juara LCCM 2023. Juara yang sesungguhnya adalah generasi muda yang bertekad untuk menjaga dan melestarikan sejarah bangsa,” kata Nadiem menegaskan.

Kepala Unit Museum Nasional Indonesia, Ni Luh Putu Candra Dewi menyampaikan ucapan terima kasih guru pendamping, kepala dinas pendidikan, serta kepala museum yang sudah terlibat dalam mendidik generasi unggul dari masing-masing provinsi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Perfilman, Musik dan Media, Kemdikbudri, Ahmad Mahendra berharap LCCM dapat diselenggarakan secara berkesinambungan dan lebih berkualitas.

“Luar biasa penyelenggaraan LCCM tahun ini. Tahun depan harus dikemas lebih baik agar peserta sebagai generasi penerus dapat mencintai sejarah bangsa,” katanya.

Perwakilan dewan juri, Fakhrudin membacakan nama pemenang LCCM 2023. Pemenang pertama diraih Provinsi DKI Jakarta, yang beranggotakan Rizki Adhi Permana, Ismail Permata Yorsandhi dan Arkana Adis Pratama.

Pemenang kedua diraih Provinsi Aceh yang beranggotakan Fathinah Hafizha Amir, Farrel Zhafirsyah Arief, dan Muhammad Nawfal Werizky.

Pemenang ketiga diraih Provinsi DI Yogyakarta, yang beranggotakan Arina Sabilassalma, Dzakiyya Shaaleha, dan Evelina Paska Rahmawati. (Tri Wahyuni)