Raih Sertifikasi PSEF, SehatQ Bertekad Tingkatkan Layanan Telefarmasi

0

JAKARTA (Suara Karya): Start up bidang teknologi kesehatan, SehatQ berhasil mendapat sertifikasi tanda daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementerian Kesehatan.

“Dengan demikian, SehatQ memiliki izin untuk penjualan obat secara online, sesuai regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah,” kata Chief Commercial Officer SehatQ, Andrew Sulistya dalam siaran pers, Kamis (16/12/21).

Sebagai informasi, PSEF adalah badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik farmasi untuk keperluan fasilitas pelayanan kefarmasian.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi penyelenggara PSEF, antara lain memiliki surat tanda Penyedia Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo), memiliki akses pengawasan pemerintah dan memiliki izin dari Kementerian Kesehatan.

Dalam laman PESF per 15 Desember 2021, disebutkan, ada 5 penyelenggara PSEF yang mendapat sertifikasi dan terdaftar di Kementerian Kesehatan, termasuk SehatQ.

“Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dari tim SehatQ, sehingga kami bisa menjadi salah satu penyelenggara PSEF di Indonesia yang tersertifikasi,” ucap Andrew.

Capaian itu, lanjut Andrew, membuktikan layanan SehatQ menjadi lebih terpercaya. Dan diharapkan, SehatQ menjadi pilihan utama masyarakat dalam menggunakan layanan telefarmasi.

Seperti diberitakan, Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono menjelaskan, telefarmasi adalah layanan farmasi kepada pasien dengan memanfaatkan teknologi informasi di mana pasien tidak langsung bertemu secara fisik dengan apoteker.

Hadirnya PSEF diharapkan menjadi pilihan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kefarmasian yang bermutu. Terlebih di masa pandemi seperti ini, pemanfaatan teknologi dibutuhkan agar masyarakat memiliki akses yang lebih mudah atas kebutuhan obat-obatan.

Kemudahan masyarakat dalam mengakses fasilitas kesehatan menjadi perhatian Kementerian Kesehatan, termasuk akses ketersediaan obat di apotek di masa pandemi Covid-19.

Ditambahkan, layanan telefarmasi memberi kebebasan pasien untuk memilih klinik yang akan memberi layanan kefarmasian di berbagai daerah.

Andrew mengemukakan, tanggung jawab SehatQ semakin besar lewat perolehan sertifikasi PSEF ini. Untuk itu, pihaknya berkomitmen akan memberi layanan online kefarmasian yang berkualitas dan terpercaya.

“Layanan telefarmasi ini juga membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atas kebutuhan obat-obatan secara cepat, mudah dan terpercaya,” katanya menegaskan.

Sekadar informasi, SehatQ adalah aplikasi kesehatan kedua terpopuler di Indonesia. SehatQ menyediakan layanan chat dokter, booking dokter, booking layanan kesehatan, toko vitamin dan obat online, serta beragam informasi seputar kesehatan, obat-obatan, hingga fasilitas kesehatan dan dokter. (Tri Wahyuni)