Rayakan HUT ke-28, RSPI Sulianti Saroso Ajak Masyarakat Hidup Sehat

0

JAKARTA (Suara Karya): Guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28, Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso menggelar acara jalan sehat di Jakarta Internasional Stadium.(JIS), pada Minggu (29/5/22).

Acara yang dibuka Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunad Sadikin itu diikuti sekitar 1500 tenaga kesehatan dari rumah sakit, Puskesmas maupun institusi pendidikan di wilayah DKI Jakarta.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, M Syahril dalam sambutannya mengatakan, acara jalan pagi digelar untuk memperkuat silaturrahmi dan kerja sama antara Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Puskemas dan institusi pendidikan di wilayah DKI Jakarta yang selama lebih dari 2 tahun berjuang bersama dalam upaya penanggulangan pandemi covid-19.

“Kita gunakan momen ini sebagai bentuk rasa syukur, karena di DKI Jakarta ini seluruh tenaga kesehatan baik RS, Puskemas, dan Dinas Kesehatan telah berjuang bersama selama 2,5 tahun. Dan kita melewati pandemi dengan baik,” katanya.

Momentum berkumpul, dimanfaatkan Syahril dengan mengajak masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, sebagai langkah promotif preventif untuk mencegah tertular penyakit. Selain meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

“Kegiatan ini diharapka meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Meski ada hepatitis akut maupun monkeypox, dengan PHBS dan protokol kesehatan, Insya Allah bisa kita hadapi,” imbuhnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, disiplin protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat adalah kunci untuk meningkatkan kekebalan tubuh setiap individu. Keduanya harus berjalan beriringan untuk memberi perlindungan yang optimal.

Kementerian Kesehatan, lanjut Menkes, memiliki tugas untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Kegiatan jalan sehat diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya aktivitas fisik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar terhindar dari penyakit berbahaya.

“Orang dengan BMI diatas 22, ayo cepat diturunin. Karena selain covid-19, masih ada penyakit lain yang tak kalah berat yaitu hipertensi dan diabetes. Kalau tidak dijaga dari awal, jika kurang olahraga, kurang gerak, rawan menyebabkan PTM,” katanya.

Sebelum jalan sehat dimulai, para peserta melakukan pemanasan yang dipandu instruktur senam. Selanjutnya mereka berkumpul di garis start, dilepas oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Uus Uswanto dan Direktur RSPI SS M. Syahril dengan mengibarkan bendera. Rute yang ditempuh sejauh 5KM mengelilingi JIS.

Selama perjalanan, para peserta terlihat sangat bersemangat dan antusias. Usai jalan sehat, para peserta kembali berkumpul di area utama untuk menikmati live musik dan pengundian kupon door prize. (Tri Wahyuni)