Rayakan HUT ke 60, TVRI Gelar Pertandingan Catur Simultan

0

JAKARTA (Suara Karya) : Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 60, TVRI diramaikan dengan pertandingan catur simultan antara GM Utut Adianto dan peraih medali emas SEA Games di Vietnam tahun 2021 WIM Dewi Citra Ardhiani Anastasia melawan 60 karyawan TVRI di Gedung Penunjang Operasional (GPO) 25 Agustus 2022.

“Pada HUT TVRI ke 60 sengaja diramaikan dengan berbagai hiburan, namun tidak lupa juga mengetengahkan dunia olahraga, salah satunya adalah catur. Dengan begitu TVRI diusianya yang ke 60 tetap mencatat sejarah yang bersamaan dengan pagelaran Asian Games ke empat
tahun 1962,”tegas Direktur Program dan Berita, Irianto di GPO TVRI Minggu (21/8/2022).

Irianto yang didampingi Direktur Keuangan, Tellman Wienfrieds Roringpandey, Direktur Teknik, Supriyono dan Direktur Umum, Meggy Theresia Rares mengtakan, di usianya yang ke 60 TVRI
konsisten berpegang pada jati dirinya, terus memberikan layanan kepada masyarakat dengan tayangan pendidikan, hiburan yang sehat, serta sebagai perekat sosial dan melestarikan budaya bangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat, sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah no. 13 tahun 2005 tentang LPP TVRI.

“Terus maju dan berkemajuan dengan teknologi, transformasi teknologi terus dilaksanakan untuk mendukung kesiapan menghadapi digitalisasi,”paparnya.

TVRI mempunyai 139 transmisi digital yang tersebar di seluruh indonesia dengan cakupan jangkauan sebesar 70 persen dengan total 379 kabupaten dan kota terjangkau dengan siaran TVRI.

Seiring dengan kesiapan menuju era digital, TVRI teguh meneruskan cita-cita para pendiri bangsa untuk membangun citra Indonesia, dihormati keberadaannya dalam kancah internasional. TVRI terus mempersiapkan diri untuk menuju lembaga penyiaran kelas dunia, salah satunya menghadirkan kanal khusus berbahasa Inggris, TVRI World.

“Mengejar majunya kanal-kanal televisi luar negeri yang bersiaran secara internasional untuk memberitakan dan mempromosikan kebudayaan dari negara masing-masing kepada dunia internasional, TVRI World memainkan perannya sebagai jendela Indonesia di dunia. Menyajikan berita-berita terkini serta beragam program yang dapat mempromosikan Indonesia kepada pemirsa luar negeri serta dapat menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia dengan tayangan pariwisata, seni dan budaya.” jelasnya.

Dengan cakupan hingga seluruh pelosok negeri, TVRI menjaga konektivitas wilayah serta merawat kebhinekaan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote serta menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“TVRI berkomitmen menuntaskan pendirian Stasiun Penyiaran Daerah di seluruh ibukota Provinsi di Indonesia, terutama di wilayah perbatasan dan luar untuk mewujudkan konektivitas wilayah di seluruh Indonesia.” imbuhnya.

Menjunjung tanggung jawab sebagai Media Pemersatu Bangsa, TVRI memiliki komitmen untuk menjadi penyeimbang di tengah banyaknya sumber informasi yang ada, menjernihkan kekeruhan akibat penyebaran berita hoax yang berpotensi mengakibatkan perpecahan bangsa. Hal ini diakui dalam Digital News Report 2021 yang merupakan hasil penelitian Reuters Institute dari Oxford University, yang menunjukkan bahwa TVRI memperoleh posisi tiga besar dalam tingkat kepercayaan publik.

Kewajiban TVRI untuk mencerdaskan bangsa, diwujudkan pula, salah satunya dengan ketekunan dalam menciptakan kreasi acara-acara edukatif dan menghibur untuk anak-anak. Penghargaan yang diberikan oleh Komisi Penyiaran indonesia (KPI) lewat ajang Anugerah Penyiaran Ramah Anak bukan pertama bagi TVRI. Untuk tahun 2022 ini, TVRI meraih penghargaan sebagai Televisi Peduli Pendidikan Anak Indonesia.

Penghargaan yang diterima LPP TVRI tersebut menunjukkan adanya kepercayaan yang diberikan oleh publik serta para pemangku kepentingan. Hal ini diperkuat dengan adanya pemberian hibah-hibah lahan dari sejumlah pemerintah provinsi, seperti hibah lahan seluas 2 hektar dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau pada November 2021 di pulau Dompak, Tanjung Pinang, untuk pembangunan TVRI Stasiun Kepulauan Riau sebagai daya dukung bagi Pemprov Kepulauan Riau untuk menjangkau masyarakat yang tersebar di berbagai pulau. Pada Juni 2022 lalu, pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Lampung juga menghibahkan tanah seluas 2 hektar di Krui untuk satuan transmisi TVRI Stasiun Lampung.

Untuk pembangunan TVRI Stasiun Banten, LPP TVRI di awal Agustus 2022 ini baru menerima hibah lahan seluas 2 hektar dari Pemerintah Provinsi Banten di daerah Walantaka Kota Serang. Juga akan ada hibah lahan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara serta Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Hari Ulang Tahun LPP TVRI kali ini mengusung tema “60 tahun terus merawat negeri”. Itulah tema yang mencerminkan peran strategis yang terus dijalankan oleh LPP TVRI di sepanjang kehadirannya di bumi Indonesia tercinta. (Warso)