RBI Tokyo Gelar Promosi Budaya Bertajuk ‘Visit Semarang’

0

JAKARTA (Suara Karya): Rumah Budaya Indonesia (RBI) Tokyo menggelar promosi budaya, wisata dan kuliner Indonesia bertajuk ‘Visit Semarang’. RBI yang diikuti lebih dari 60 peserta itu sekaligus menjadi ajang temu kangen warga asli Jepang pencinta budaya Indonesia.

Visit Semarang menampilkan beragam foto wisata yang ada di Semarang karya fotografer dan penerjemah asal Jepang yang fasih berbahasa Jawa, Katsumata Naohiro.

“Kegiatan daring RBI dengan tema ‘Visit Semarang’ ini diharapkan menjadi ‘obat’ kangen bagi warga negara asli Jepang yang suka dengan budaya, wisata dan kuliner Indonesia. Karena pandemi covid-19 membatasi mereka untuk jalan-jalan ke Indonesia,” kata Ketua Dharma Wanita Persatuan, Nuning Akhmadi saat membuka Visit Semarang, Selasa (25/5/21).

Ikut hadir dalam lawatan secara langsung ke wilayah Oarai, Ibaraki, Jepang, yaitu Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP), Heri Akhmadi.

Katsumata Naohiro, yang akrab disapa Mas Nao menyampaikan informasi dari sudut pandangnya tentang sejarah Gedung Lawang Sewu, Kampung Pelangi, dan Kota Lama. Ia juga bercerita seputar sensasi kelezatan Bandeng Asap dan Wingko Babat yang merupakan makanan khas Semarang.

Menariknya, Mas Nao sering menyelipkan kata-kata dalam.bahasa Jawa dengan pengucapan yang medok. Hal itu menyebabkan beberapa peserta berminat untuk belajar bahasa Jawa.

Menyambut antusiasme peserta, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Yusli Wardiatno berencana menggelar ragam bahasa daerah di Indonesia pada kegiatan RBI berikutnya.

Acara Visit Semarang juga dimeriahkan penampilan Tari Semarangan yang penuh gerakan dinamis oleh grup Duta Melati. Acara ditutup dengan acara demo memasak makanan khas Semarang, yakni lumpia. (Tri Wahyuni)