
JAKARTA (Suara Karya): Produsen ikan Tilapia (Regal Springs Indonesia) mengungkapkan besarnya pasar produk ikan Tilapia (fillet) ke negara-negara Eropa dan Amerika.
“Untuk perusahaan kami, angka ekspornya bisa mencapai 60-70 juta dolar AS per tahun,” kata Kasan kepada wartawan dalam acara kelas memasak Tilapia bersama pengunjung, di Mall AEON, BSD Tangerang, Banten, Sabtu (29/2/2020).
Dikatakan Kasan, dari total 20-25 ribu ton produksi Tilapia, sebanyak 80 persen diberikan untuk pasar ekspor dan 20 persen sisanya masuk ke pasar lokal.
“Walaupun saat ini Regal Springs merupakan produsen Tilapia terbesar di Indonesia, tetapi besarnya permintaan belum mampu kami penuhi seluruhnya. Kedepan, pasar lokal juga akan menjadi target utami kami sebagai pemenuhan gizi dan protein yang cukup untuk rakyat Indonesia,” katanya.
Menurut Kasan, pihaknya sudah melakukan kajian terhadap ikan-ikan tawar hingga akhirnya dipilih Tilapia sebagai produknya sejak tahun 1988. Dari proses budidaya sampai pengolahan, semua dilakukan secara alami. Tidak ada penggunaan zat-zat kimia, obat antibiotik, dan sejenisnya.
“Jadi, kita tidak menggunakan antibiotik, hormon dan lain-lain. Selain itu, dalam pengolahan juga kita tidak menggunakan bahan-bahan pengawet,” ucap Kasan.
Kelebihan lain produk Tilapia ini, dagingnya lebih lembut, tidak bau tanah, dan kandungan gizinya tinggi tetapi rendah lemak. Kaya vitamin D, protein, dan juga omega.
Dari sisi harga, menurut Kasan, produk Tilapia ini sangat kompetitif. “Misalnya dari Salmon ya, produk kita lebih murah, dari sisi rasa bisa dibandingkan dengan Salmon. Bahkan dibandingkan dengan produk ikan-ikan air tawar lainnya, produk kita lebih baguslah,” tutur Kasan.
Pada kesempatan yang sama, Senior Marketing Manager Regal Springs Indonesia, Ratna Yudythia, mengatakan, acara ini merupakan acara rutin yang digelar di berbagai daerah di Indonesia. “Alhamdulillah responnya positif. Acara kelas memasak Tilapia mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari para peserta, terutama para ibu,” kata Ratna di Jakarta, Sabtu (29/2/2020).
Dikatakan Ratna, semakin banyak konsumen yang telah mengenal produk Regal Springs Indonesia bermerk Naturally Better Tilapia di kota-kota besar Indonesia, semakin banyak pula konsumen yang ingin mengetahui variasi-variasi olahan Naturally Better Tilapia.
“Kami ingin memberikan inspirasi tentang cara memasak Tilapia yang mudah dan praktis. Konsumen juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Chef Yadi, Inhouse Chef Regal Springs Indonesia mengenai tip dan trik memasak Naturally Better Tilapia untuk keluarga,” ucapnya lagi. (Indra DH)