Rektor Bangga, UNJ Kembali Menerima Rekor Muri dalam PKKMB

0

JAKARTA (Suara Karya) : Rektor UNJ Prof.Dr. Komarudin, M.Si. bangga kembali menerima Piagam Penghargaan MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) yang diserahkan langsung Jenderal Manajer MURI, Awan Rahargo dalam acara Penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNJ 2021.

Piagam MURI kembali diterima Rektor
UNJ setelah mencatat rekor Senam SENSI (Sendok dan Kursi) secara virtual yang dilakukan 6.433 mahasiswa baru UNJ. PKKMB UNJ 2021 dilakukan secara luring di Lahan UNJ Cikarang seluas 80,2 Hektar, dan daring Zoom serta disaksikan seluruh sivitas akademika UNJ serta para mahasiswa baru (Sabtu, 21/08/2021).

Acara tersebut dihadiri Direktur Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Helmi Basalamah, M.M., Staf Khusus Kemeterian Investasi dan Penanaman Modal, Pradana Indraputra, M.E., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Dr. Carwinda, M.Si., Dewan Penyantun UNJ, Prof. Dr. Sylviana Murni, S.H., M.Si., dan beberapa tamu kehormatan lainnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada MURI yang kembali memberikan piagam kepada UNJ ketiga kalinya. Begitu juga pada mahasiswa baru, kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di kampus tercinta, kampus perjuangan, pusat pemikiran, dan tanah peradaban,”tegad Komarudin.

Lebih jauh Rektor UNJ mengatakan, saudara merupakan mahasiswa pilihan dari sekian banyak calon mahasiswa yang berminat masuk UNJ. Untuk itu, harus mempunyai rasa bangga menjadi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.

Komarudin berharap PKKMB dapat menambah pengetahuan, wawasan, dan membentuk karakter kemahasiswaan UNJ yang tangguh, cerdas, inovatif, dan kompetitif, sebagaimana peran sentral mahasiswa sebagai agen perubahan bangsa.

Ada 3 kunci penting untuk menjadi agen perubahan (agent of change), pertama, harus mampu menjadi champion dan teladan dalam bidang akademik. Kedua, menjadi champion dan teladan dalam organisasi kemahasiswaan. Ketiga, menjadi champion dan teladan di keluarga, masyarakat, dan bagi bangsa serta negara.

Pada kesempatan yang sama Jenderal Manajer MURI, Awan Rahargo mengatakan, salah satu rangkaian kegiatan PKKMB UNJ 2021 menjadi atensi, dimana UNJ melakukan senam virtual dengan peserta mahasiswa baru terbanyak di Indonesia. “Sudah selayaknya mendapat piagam MURI di tahun 2021 ini”tegas Awan.

Sementara penutupan PKKMB 2021 ditandai dengan menekan tombol sirine bersama dan penyematan almamater kepada 8 perwakilan fakultas mahasiswa baru oleh para dekan fakultas masing-masing.

Acara kemudian diakhiri dengan penanaman 138 pohon di lahan UNJ Cikarang oleh para pimpinan, tamu undangan, dan mahasiswa baru UNJ. Pohon-pohon tersebut diantaranya beberapa jenis pohon langka seperti Bisbul, Manglid, Nam nam, dan Makadamia yang diberikan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Warso)