Rektor Berikan Apresiasi Kontingen UNJ Persembahkan Medali Terbanyak di Pesta Olahraga 2022

0

JAKARTA (Suara Karya) : Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof. Dr. Komarudin, M.Si memberikan apresiasi kontingen UNJ berhasil mengumpulkan 46 medali emas, 36 perak dan 38 perunggu dalam Pesta Olahraga Mahasiswa Antar Perguruan tinggi Se-Indonesia yang digelar dari 1 Juni hingga 1 Juli 2022.

“Prestasi yang diukir mahasiswa UNJ dalam Pesta olahraga dapat ditingkatkan lagi kejenjang nasional, ASEAN maupun Asia. Dalam olahraga, prestasi atlet itu dapat dikejar hingga mencapai dunia sekelas Olimpiade,”tegas Komarudin di Jakarta, kemarin.

Melalui multi event tingkat mahasiswa, katanya, dapat dijadikan program antara menuju level yang lebih tinggi. Setiap multi
Event ASEAN, Asia dan Olimpiade yang diikuti kontingen Indonesia, medali emas,perak atau perunggu mampu disumbangkan atlet yang datang dari mahasiswa UNJ. Prestasi seperti itu harus
dipertahankan di tahun – tahun mendatang.

Sementara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si melanjutkan, multi event olahraga yang mempertandingkan 12 cabang olahraga erat hubungannya dengan menyambut Dies Natalis UNJ ke-58. Kegiatan multievent Olahraga Antar Perguruan Tinggi yang pertama di Indonesia ini dapat dijadikan momentum bagi para mahasiswa yang aktif menggeluti dunia olahraga dalam membawa nama besar Universitasnya masing – masing. Apalagi mahasiswa dari UNJ yang menjadi tuan rumah penyelenggara.

Adapun 12 cabang olahraga yang di pertandingkan, pencak silat, petanque, Bola Voli, Renang, Sepak Takraw, Futsal, Karate, Tenis, Atletik, Bulutangkis, Bola Basket, dan Taekwondo mulai dari 1 juni sampai dengan 1 Juli 2022. “Event olahraga tingkat nasional yang diselenggarakan sebagai momentum kebangkitan prestasi olahraga mahasiswa setelah masa Pandemi yang terjadi di negara yang kita cintai,”papar Abdul Sukur lagi.

Menurutnya, Pesta Olahraga Mahasiswa Antar Perguruan tinggi Se-Indonesia tahun 2022 ini memiliki peran dalam pembinaan dan pencarian bibit unggul, khususnya atlet mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Adapun maksud dan tujuan Pesta Olahraga Mahasiswa Antar Perguruan tinggi se-Indonesia Tahun 2022 adalah
menyiapkan wadah kompetitif untuk meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa, Meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa, Memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaaan, persahabatan antar-mahasiswa se- Indonesia.

Begitu juga dalam meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin dan sportivitas mahasiswa. Membantu pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga nasional dan internasional. Menanamkan pendidikan karakter mahasiswa melalui olahraga. Adapun semua tujuan tersebut sesuai dengan tema kegiatan yang mengusung tema “Mahasiswa Tangguh Mahasiswa Juara”.

Adapun peserta yang mengirim wakilnya tampil di Pesta Olahaga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia Tahun 2022 ini mencapai 113 Perguruan Tinggi Se- Indonesia dengan tingkat partisipasi 1.950 Mahasiswa. (Warso)