Rektor UNJ Berikan Acungan Jempol, Tim Batavia UNJ Raih Penghargaan di KMHE 2021

0

JAKARTA (Suara Karya) : Rektor UNJ Prof.Dr. Komarudin, M.Si, memberikan acungan jempol dan bangga tim mobil hemat energi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) “BATAVIA TEAM” berhasil mendapat penghargaan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021.

“Saya bangga atas prestasi yang diukir para mahasiswa dalam kontes mobil yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemendikbud Ristek. Melalui prestasi yang diraih selain mengharumkan nama UNJ juga dapat dijadikan modal dalam menggapai kehidupan masa depannya ,”tegas Komarudin yang datang menyaksikan langsung ajang kontes mobil di sirkuit KMHE 2021 Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Rektor UNJ yang didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ Dr. Abdul Sukur, M.Si mengatakan, mobil hemat energi terus dikembangkan pemerintah. Dengan tampilnya para mahasiswa UNJ dalam kontes mobil listrik merupakan suatu prestasi yang cukup spektakuler. Apalagi berhasil meraih penghargaan.

Sementara Abdul Sukur menerangkan,
Kontes Mobil Hemat Energi 2021 dilakukan secara hybrid yaitu online dan offline. Ajang berskala nasional tersebut merupakan level tertinggi kompetisi mobil hemat energi di Indonesia.

Perlombaan ini diikuti 72 tim datang dari 72 perguruan tinggi se-Indonesia. Dalam lomba dibagi dalam 2 konsep mobil yaitu Urban Concept dan Prototype Concept. Setiap konsep, dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan jenis bahan bakar yang digunakan yaitu gasoline, diesel, ethanol, dan listrik.

Pada KMHE 2021 ini katanya, sistem kompetisinya berbeda dibanding tahun sebelumnya. Saat ini ada proses seleksi administrative terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan proses seleksi laporan desain kendaraan. Setelah itu dilanjutkan dengan seleksi Video Technical Inspection dan yang terakhir Finalis yang berhak mengikuti kegiatan secara offline pada tanggal 15 – 20 November 2021 di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya. Untuk tahun ini yang ditunjuk menjadi tuan rumah adalah Universitas Negeri Surabaya.

Menurutnya, tim Batavia UNJ mengikuti kelas Prototype dengan bahan bakar listrik dan berhasil membawa pulang piala juara dua dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 dengan result 428,69 km/kwh.

Pada kelas Prototype paparnya, berbahan bakar listrik ini ada 4 Tim Finalis yang berkompetisi yaitu Universitas Negeri Jakarta, Universitas Gajah Mada, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebelumnya kategori ini diikuti 23 tim, lalu disaring menjadi 17 tim dan akhirnya menjadi 4 tim finalis. Kategori Prototype Listrik merupakan kategori dengan jumlah tim terbanyak pada Kontes Mobil Hemat Energi tahun ini.

Pada kesempatan terpisah Dosen pembimbing BATAVIA TEAM UNJ, Pratomo Setyadi, S.T., M.T. mengatakan bangga dan gembira atas prestasi yang diraih mahasiswanya dalam lomba kontes mobil hemat energi nasional. Melalui lomba itu pula
diharapkan dapat termotivasi dan dorongan semangat menyambut masa depan yang cerah nantinya.

Sedang Taryudi, Ph.D selaku tim pengembang Wakil Rektor III UNJ berharap, Batavia Team UNJ dapat mempertahankan juara di KMHE tahun 2022. Bahkan dapat meningkatkan prestasinya dikancah internasional.

Adapun Yuga Fitri Nur Syamsy selaku General Manager BATAVIA TEAM UNJ menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada UNJ dan pihak sponsorship yang telah mendukung sampai menjadi Juara.

“Kedepan saya berharap tim Batavia UNJ terus meraih prestasi yang lebih baik dalam kompetisi mobil hemat energi. Bahkan melaju kejenjang internasional,”tambah Yuda. (Warso)

Komarudin Berikan Apresiasi UNJ Sukses Gelar Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional 2021

JAKARTA (Suara Karya) : Rektor UNJ Prof.Dr. Komarudin, M.Si, bersyukur Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sukses menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) 2021.

“Alhamdulillah MTQMN babak final yang dilaksanakan mulai 1 hingga 8 Novermber 2021 berjalan dengan lancar. Semoga melalui lomba ini menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, dan berprestasi dalam bidang Tilawatil Quran,”kata Komarudin di Jakarta, kemarin.

Begitu juga Tartil Quran, Hifzhil Qur’an dan Syarhil Quran untuk mempromosikan seni bacaan Al-Qur’an sebagai salah satu bentuk ekspresi keberagamaan yang perlu dipelihara. Selanjutnya, meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Al-Qur’an, memperkenalkan model baru Musabaqah Tilawatil Qur’an dengan memanfaatkan media daring.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Suku, S.Pd., M.Si. mengatakan, lomba MTQMN 2021 diharapkan dapat membangun semangat kolaborasi