Rektor UNJ Berikan Apresiasi, Tes PSB Labschool Diikuti 2.432 Siswa dan Peserta dari Amerika

0
Rektor UNJ dan guru serta panitia PSB Labschool. (suarakarya.co.id/ist) 

JAKARTA (Suara Karya) : Siswa dari Junior High School 190 Russel Sage, New York City, Amerika (USA) mengikuti Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMA Labschool. Bahkan peserta yang ikut tes tahun ini mencapai 2.432 siswa dari penjuru Indonesia melalui online atau daring.

Padatnya peserta yang ikut test di PSB SMA Labschool dari berbagai daerah dan ada pula yang dari Amerika membuat Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof. Dr. Komarudin, M.Si. memberikan apresiasi kerja keras panitia, serta para pengawas yang bersedia melayani calon siswa pada hari Minggu.

“Melalui kerja keras itu sudah seharusnya
pelaksanaan PSB secara daring atau online, pelayanannya semakin baik dan ditingkatkan. Bila perlu menambah tim-tim ahli IT yang dapat direkrut untuk memperkuat tim IT Labschool. Dengan IT semakin baik maka diharapkan pelayanan akan semakin baik pula,”tegas Komarudin saat memberikan sambutan di Jakarta kemarin.

Rektor bersyukur Pelaksanaan PSB online secara umum kali ini berjalan lancar, walaupun di dalam perjalanannya ada sedikit hambatan. Namun hambatan atau kendala dapat ditangani, sehingga siswa dapat mengerjakan soal seluruhnya. Bahkan data peserta sudah terekam semua oleh panitia selanjutnya tinggal diolah sesuai dengan ketentuan yang ada. Yaitu soal yang dijawab benar mendapat poin 4, soal yang dijawab salah mendapat poin -1, dan tidak menjawab poin 0. Dengan skor tersebut selanjutnya akan diperingkat sesuai dengan nilai tertinggi sampai terendah.

Menurutnya, pelaksanaan PSB SMA Labschool setiap tahun senantiasa diikuti oleh ribuan peserta. Pada tahun ini misalnya, peserta yang ikuti tes mencapai 2.432 siswa se-Indonesia. Tes yang dilakukan secara daring atau online memungkinkan tes ini dapat diikuti oleh siswa dimanapun berada. Jika pada tahun lalu diikuti peserta dari Afrika Barat dan Malaysia, pada tahun ini ada juga siswa dari luar negeri mengikuti tes PSB SMA Labschool.

Peserta siswa dari Amerika.  (suarakarya.co.id/ist)

Meski peserta dari Amerika (USA) yaitu dari New York, yang memiliki perbedaan waktu 12 jam dengan waktu Indonesia bagian barat (WIB) juga dari United Kingdom (UK), namun siswa dari New York dapat menjalankan tes tersebut dengan baik dan lancar dari awal sampai akhir.

Sedang Ketua PSB, Dr. M. Fakhruddin, M.Si. menjelaskan, tes PSB Labschool 2022 dalam pelaksanaannya diikuti 2.269 peserta. Sementara jumlah 2.342 peserta yang mendaftar pada panitia. Adapun sebanyak 73 siswa berhalangan atau tidak hadir dalam tes tersebut.

Berdasarkan data tersebut katanya, kehadiran selama tes berlangsung adalah 97%, atau yang tidak hadir 3%. Pengumuman tes ini akan dilakukan pada hari Rabu, 16 Februari 2022 secara daring di web Labschool (www.labschool-unj.sch.id). “Seperti biasa peserta memasukkan username dan password yang dimiliki selanjutnya akan muncul hasil pengumuman secara personal,”jelasnya.

“Selamat menunggu pengumuman, semoga anda dapat diterima menjadi bagian Labschool, dan bagi yang belum berhasil, kami tetap mengucapkan terima kasih atas kebersamaannya dalam tes PSB Labschool 2022,”kata Fakhruddin lagi. (Warso)