Suara Karya

Relawan OMG Jakarta Gagas Pengembangan UMKM Kampung Kerang

JAKARTA (Suara Karya): Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) DKI Jakarta menggagas upaya pengembangan produk lokal yang dihasilkan oleh UMKM di wilayah Kampung Kerang, Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (28/1/2023).

Diketahui, Kampung Kerang merupakan salah satu kampung penghasil kerang terbesar di wilayah Jakarta Utara.

Melihat peluang ini, OMG DKI Jakarta berkolaborasi dengan warga untuk membentuk UMKM di wilayah tersebut guna menghidupkan kembali roda perekonomian yang sempat terhambat akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, pihaknya memberikan bantuan peralatan pengupas kerang untuk menunjang kegiatan pelaku UMKM di Kampung Kerang Cilincing.

“Kami bantu mengembangkan komunitas UMKM di Kampung Kerang dengan memberikan alat penunjang seperti pisau khusus untuk mengupas kerang, ember, dan bangku pendek,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) OMG DKI Jakarta Abel Thoriq dalam acara tersebut di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

OMG DKI Jakarta berharap dengan dihidupkannya kembali UMKM di wilayah Kampung Kerang, warga setempat dapat mengembangkan kembali produk lokal sebagai mata pencaharian di wilayah tersebut.

“Kami ingin memudahkan pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha mereka dalam mengolah kerang. Sehingga ke depannya produktivitas mereka meningkat,” ucapnya.

Abel melanjutkan, dengan bantuan dari OMG tersebut, pelaku UMKM dan masyarakat sekitar Kampung Kerang bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

“Memperluas pasar agar bisa membidik kalangan remaja hingga dewasa muda,” katanya.

Abel menambahkan diperlukan strategi promosi yang lebih efektif dan komunikatif agar dapat menjangkau pasar yang baru dengan menimbulkan ketertarikan kepada calon pembeli.

“Misalnya, melalui video iklan produk dan tampilan visual produk olahan Kampung Kerang Cilincing Jakarta Utara,” ungkap Abel.

Para relawan OMG juga berkomitmen untuk terus membantuk pelaku UMKM lainnya

“Kami berkomitmen hadir membawa solusi permasalahan atas persoalan UMKM,” ujar Abel. (Pram)

Related posts