Ricky Rachmadi Sebut Kader Golkar Bangga Ketumnya Dipuji Jokowi

0

JAKARTA (Suara Karya): Presiden Jokowi, menegaskan bahwa dirinya memberi apresiasi atas kepemimpinan Airlangga Hartarto di Partai Golkar yang dipandangnya mampu menciptakan berbagai perubahan ke arah positif. Bahkan, Jokowi mengungkapkan Airlangga merupakan tipikal ketua umum (Ketum) “Top” bagi Golkar.

“Boleh, kan saya sebut Pak Airlangga itu ‘top’ sebagai ketua umum Golkar,” kata Jokowi, mengulang pujiannya saat menghadiri peringatan Hari Pahlawan di Tamana Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11/2019).

Pujian Jokowi ini terhadap Ketua Umum Partai Golkar ini, kemudian ditafsirkan sebagai bentuk dukungan presiden agar Airlangga bisa kembali menjadi ketua umum pada perhelatan munas Partai Golkar, yang akan diselenggarakan pada Desember 2019 mendatang.

Menurut Ketua DPP Golkar Bidang Ekokraf Ricky Rachmadi, pujian Jokowi untuk Airlangga sangat terbilang wajar diberikan, mengingat dalam kepemimpinan periode pertama Airlangga di Partai Golkar memang banyak melahirkan prestasi maupun capaian-capaian kemajuan baik perolehan kursi di legislasi, di DPRD Provinsi dan kabupaten/kota, dalam agenda kepolitikan, ataupun sukses mengantarkan kader-kader partai menjadi pimpinan DPR dan MPR, serta dalam posisi mengawal pemerintahan di kabinet Jokowi hingga berlanjut pada koalisi kabinet pemerintahan Jokowi sekarang.

“Golkar dan para kadernya bangga dengan pujian Jokowi kepada Airlangga tersebut, dan hal ini tentu akan menjadi kunci untuk meraih sukses-sukses berikutnya terkait Golkar di bidang lainnya baik saat ini maupun ke depan,” ujar Ricky di Jakarta, Minggu (10/11/2019) di Jakarta.

Ditambahkannya, pujian Jokowi untuk Airlangga bisa dipandang adanya bentuk kenyamanan maupun dukungan Jokowi agar Airlangga dapat melanjutkan kepemimpinan politik di Partai Golkar dalam periode berikutnya, utamanya melalui ajang munas Golkar.

“Saya menilai selama kepemimpinan Airlangga ini, Partai Golkar dapat menunjukkan kekuatannya untuk bangkit dan berkembang menjadi lebih baik dan lebih positif lagi,” jelasnya.

Hal itu kata Ricky, disebabkan gaya kepemimpinan atau sosok Airlangga yang tergolong kalem namun kaya gagasan, visioner, rasional, banyak merangkul para kader, selain mengedepankan agenda pembaharuan alias perubahan untuk masa datang.

“Karena gaya Airlangga yang kalem dan berkomitmen kepada perubahan yang lebih positif itulah, maka dukungan untuk Airlangga guna melanjutkan kepemimpinannya di Golkar juga diberikan oleh ormas sayap pendukung Golkar, tokoh-tokoh senior Golkar, termasuk dari kalangan muda kader Golkar dan kader-kader lainnya secara umum,” ungkap Ricky.

Diakui, saat ini dukungan kepada Airlangga untuk kembali memimpin Golkar di periode kedua juga datang dari unsur-unsur pemilik suara sah untuk agenda Munas, di antaranya sejumlah besar DPD provinsi, DPD kabupaten/kota yang dari hari ke hari perkembangannya terus bertambah dan semakin signifikan.

“Namun demikian, saya menilai pujian Jokowi ini harus menjadi pemicu Airlangga agar lebih serius lagi guna kerja keras memenangkan pertarungan agenda ketua umum Partai Golkar dalam penyelenggaraan munas nanti,” pungkas Ricky. (Indra DH)