RS Premier Bintaro Lengkapi Fasilitas Radiologi Dengan MRI 3 Tesla

0

JAKARTA (Suara Karya): Rumah Sakit (RS) Premier Bintaro, Tangerang Selatan terus melakukan pembaharuan teknologi perangkat rumah sakit. Kali ini teknologi yang dibawa adalah peralatan radiologi dengan model terbaru, yakni teknologi MRI 3 Tesla Signa Pioneer.

Dengan teknologi MRI ini maka hasil gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh pasien, mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, serta organ tubuh lainnya lebih jelas dan detail sehingga memudahkan bagi dokter untuk menegakan diagnosis dan intervensi pada keluhan pasien.

Pembaharuan teknologi rumah sakit dilakukan, sebagai bentuk keseriusan dan komitmen RS Premier Bintaro dalam memberikan fasilitas utama terhadap pasien. Dengan demikian, diagnosa penyakit yang diberikan kepada pasien akan menjadi jauh lebih tepat dengan penggunaan MRI Tesla Signa Pioneer ini.

“Tesla merupakan besaran intensitas medan magnet. Semakin tinggi intensitas magnet, semakin detail gambar pencitraan yang dihasilkan,” kata dr Riris Himawati, Sp.Rad, Kepala Unit Radiologi RS Premier Bintaro pada kegiatan Media Gathering yang digelar secara luring, Selasa (26/7/2022).

Dikatakan Riris, RS Premier Bintaro menjadi salah satu jajaran rumah sakit di Indonesia yang telah memiliki MRI 3 Tesla dengan teknologi mutakhir Deep Learning dan AIR Technology terbaru. Selain itu MRI 3 Tesla juga dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Pada kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Radiologi RS Premier Bintaro  Raditya Utomo menjelaskan. Berbeda dengan versi sebelumnya yakni MRI 1,5 Tesla, maka MRI 3 Tesla ini memiliki diameter gantry atau kerangka lubang pemeriksaan yang lebih luas, yaitu 70 cm, sehingga pasien akan merasa lebih nyaman dan kekhawatiran-pun berkurang.

“Pada MRI 1,5 Tesla, lubang pemeriksaaan hanya 60 cm, tapi kalau MRI 3 Tesla sudah 70 cm,” jelasnya.

Selain itu kata Raditya, MRI 3 Tesla ini dilengkapi perangkat pemutar film yang dapat dinikmati saat pemeriksaan berlangsung, sehingga pasien merasa terhibur di tengah pemeriksaan.

“Teknologi AIR Coil yang ringan serta fleksibel untuk semua ukuran dan bentuk tubuh pasien, melengkapi kecanggihan alat ini, sehingga posisi pasien dapat diatur senyaman mungkin,” jelas dr Raditya.

Dan yang tidak kalah menariknya, teknologi Deep Learning yang telah terpasang, dapat memangkas waktu pemeriksaan sebesar 40-60% lebih cepat, dengan kualitas gambar pencitraan yang lebih baik, sehingga pemeriksaan dapat dilakukan lebih cepat dengan hasil yang lebih akurat dan meyakinkan. Sebagai contoh, jika dengan alat pada versi sebelumnya pemeriksaan brain rutin dilakukan selama 18 menit, maka menggunakan MRI 3 Tesla hanya memakan waktu 10 menit.

Begitu juga untuk pemeriksaan spine rutin, pada versi sebelumnya pemeriksaan tersebut berlangsung selama 28 menit, pada MRI 3 Tesla hanya memakan waktu 16 menit. Dan yang juga sangat menarik, penghematan waktu pada pemeriksaan brain stroke akut, yang pada versi sebelumnya memakan waktu 11 menit, dengan MRI 3 Tesla hanya menghabiskan waktu 5 menit.

Dalam proses pemeriksaan MRI, suara bising yang ditimbulkan resonansi suara yang semakin besar, acapkali menjadi masalah yang mengganggu pasien. Oleh karena itu, RS Premier Bintaro menyediakan head set untuk memutar musik dan menyediakan kacamata 3D untuk menonton film sesuai keinginan pasien selama pemeriksaan berlangsung.

Selain itu, MRI 3 Tesla ini dilengkapi dengan software Silence Scan untuk mengurangi suara yang timbul, terutama pada pemeriksaan brain, ditambah lagi ada software ART (Accoustic Reduction Technology) yang dapat mengurangi kebisingan tersebut.

“Ruangan MRI pun didesain dengan sangat elegan, dilengkapi dengan mood light, sehingga menambah kenyamanan dan memberikan ketenangan kepada pasien selama pemeriksaan dilakukan,” tambahnya.

Dengan hadirnya MRI 3 Tesla ini, RS Premier Bintaro membuktikan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan selalu berinovasi menyediakan teknologi terkini pada dunia medis di Indonesia, demi memberikan pelayanan yang semakin cepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan pasien.

Sementara itu CEO RS Premier Bintaro dr Martha L Siahaan, MARS mengatakan RS Premier Bintaro akan terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat luas melalui lima layanan unggulan yakni Ortopedik, Vaksular, Ortopedik Spain, Skin and Laser dan Klinik Sport atau Olahraga.

Pandemi Covid-19 kata dr Martha telah merenggut banyak nyawa tidak memandang usia tua atau muda. “Berkaca dari pandemi Covid-19 kita semua menjadi semakin paham dan menyadari bahwa sehat itu mahal,” tutupnya. (Bayu)