RS Siloam MRCCC Pusat Pelayanan Kanker Payudara Komperhensif

0
Peresmian Pusat Pelayanan Kanker Payudara Komperhensif, RS Siloam Semanggi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): RS Siloam Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) Semanggi, Jakarta Selatan, meresmikan Breast Cancer Clinic Alliance (BCCA) Jumat (28/10/2022). Klinik ini dibangun dengan tujuan memberikan akses yang lebih terjangkau untuk para pasien yang mencari perawatan akan kanker payudara.

Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group Caroline Riady menyatakan, Klinik ini juga menyediakan layanan komprehensif seputar penanganan kanker payudara mulai dari tim dokter multidisiplin, layanan kedokteran nuklir, onkologi radiasi, klinik paliatif, serta tumor board discussions. Salah satu layanan unggulan di MRCCC adalah laboratorium immunohistochemistry yang di mana layanan ini hanya tersedia di 2 rumah sakit di Indonesia.

“Layanan laboratorium immunohistochemistry di MRCCC dapat menentukan diagnosis, terapi, dan prognosis kanker dalam waktu yang cukup singkat selama 5 hari. Sejak berdirinya, Breast Cancer Clinic Alliance telah melayani sekitar 6.000 pasien dan telah melakukan lebih dari 1.000 tindakan operasi,” kata Cariline di lokasi acara.

menurut Caroline, dengan bertambahnya kasus kanker di Indonesia, fokus MRCCC juga telah berubah dari specialist focused ke disease focused atau berarti berfokus pada kesembuhan pasien.

Diketahui, saat ini MRCCC telah memiliki spesialisasi dan sub-spesialisasi di bidang kanker yang lengkap, didukung dengan talenta medis, teknologi, dan infrastruktur.

“Ke depannya, kami juga akan terus berupaya untuk menghadirkan teknologi baru demi prognosis yang lebih baik serta menyediakan perawatan yang personal, akurat, dan penuh kasih bagi setiap pasien,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Hospital Director MRCCC dr. Adityawati Ganggaiswari mengungkapkan, Kasus kanker payudara merupakan salah satu kasus kanker terbanyak yang kami rawat di MRCCC. Untuk itu Breast Cancer Clinic Alliance diharapkan dapat terus mengembangkan layanan onkologi kami dengan program yang inovatif sehingga dapat memberikan layanan yang terjangkau bagi para pasien.

“Peresmian klinik ini juga mendukung tujuan kami untuk menyediakan layanan onkologi dengan one-stop service yang paling komprehensif di Indonesia,” kata dr. Adityawati.

Sekadar dikatahui, menurut data Globocan dan Kemenkes RI, Indonesia mencatat lebih dari 390 ribu kasus kanker baru di tahun 2020 dan sekitar 17% diantaranya adalah kasus kanker payudara. (Pramuji)