Sambut Hari Kemerdekaan, Harmoni Indonesia Gelar Festival Anak

0
?

JAKARTA (Suara Karya): Harmoni Indonesia akan menggelar Festival Anak bertajuk “Aku Untuk Indonesia”. Perhelatan itu bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 dan Hari Sumpah Pemuda ke-91.

“Kami ingin membangkitkan kembali semangat nasionalisme dan persatuan di kalangan anak-anak melalui kegiatan yang bersifat kreatif, inovatif dan eksploratif,” kata Ketua Pelaksana Harmoni Indonesia, Firdaus Ali kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (6/7/2019).

Firdaus Ali dalam kesempatan itu didampingi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Sidarto Danusubroto, Sekjen Harmoni Indonesia Anang dan anggota Harmoni Indonesia Fetty Aziza.

Dipilihnya kegiatan festival untuk anak, menurut Firdaus, karena merekalah aset Indonesia di masa depan. Sejak dini, anak harus dilatih untuk menjaga persatuan, kerukunan antar umat beragama dan menjunjung tinggi kebangsaan.

“Memasuki era Industri 4.0 tak bisa dipungkiri generasi muda Indonesia menghadapi berbagai tantangan di depan mata, mulai dari hoaks, maraknya paham-paham radikal yang berkembang, budaya barat yang tak sesuai dengan budaya Indonesia,” ujarnya.

Dalam konteks itulah, kata Firdaus Ali, Harmoni Indonesia ingin membantu pemerintah dalam membangun kembali semangat nasionalisme dan persatuan di kalangan anak dan generasi muda. Upaya itu dilakukan dengan bermodalkan hal yang bersifat kreatif, inovatif dan eksploratif.

“Lewat kegiatan ini nantinya terbentuk forum komunikasi antar anak usia dibawah 13 tahun dengan generasi yang lebih tua. Dengan demikian, pola pikir anak.dapat diakomodir oleh generasi sebelumnya,” tuturnya.

Kepada tiga pemenang utama, Firdaus Ali menambahkan, mereka akan diundang ke Istana Negara pada acara peringatan Hari Kemerdekaan RI, Sabtu 17 Agustus 2019. Mereka juga dapat beraudiensi dan membuat video singkat (vlog) dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana.

“Video audensi itu nantinya akan diviralkan untuk menyemangati anak-anak lain di seluruh Indonesia untuk berbuat kreatif dan eskploratif agar bisa bertemu dengan bapak presiden,” ujarnya.

Anggota Harmoni Indonesia, Fetty Aziza menjelaskan, kompetisi dalam bentuk video blog (vlog) dan tulisan yang bertema “Apa yang Akan Kamu Berikan untuk Indonesia”. Vlog dan tulisan yang dikirim harus berlandaskan 3 hal yakni apa, kenapa dan bagaimana. Vlog berdurasi maksimal 30 detik, sedangkan tulisan maksimal 250 kata.

Peserta adalah pengguna aktif Instagram yang menggunakan akun pribadi publik (tidak di-private). Jika tidak punya, bisa menggunakan Instagram orangtua. Peserta dapat mengunggah video yang menjawab dengan jelas apa, kenapa dan bagaimana pertanyaan “Apa yang Akan Kamu Berikan untuk Indonesia?” berikut caption terbaiknya.

Peserta diwajibkan untuk menggunakan hashtag: #HIAkuUntukIndonesia, peserta diwajibkan untuk mengikuti akun @harmoni.ina, serta menandai @harmoni.ina dan minimum tiga teman-teman pada video yang telah diunggah. Tulisan dapat dikirimkan melalui e-mail: admin@harmoniindonesia.id.

Ditambahkan, kompetisi ini hanya untuk siswa sekolah dasar (SD) mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Kompetisi digelar selama 1-13 Agustus 2019. Karena keterbatasan waktu, festival dibatasi untuk anak di 3 provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Kompetisi tahap kedua menuju puncak acara 91 tahun Sumpah Pemuda pada Senin, 28 Oktober 2019. Kompetisi ini untuk siswa SMP dan SMA di seluruh Indonesia dan luar negeri. (Tri Wahyuni)