Sambut Pemilu 2024, PDIP Siapkan Satgas Cakra Buana

0

JAKARTA (Suara Karya): Sebanyak 12.000 personel dari Satuan tugas (Satgas) Nasional Cakra Buana PDI Perjuangan, berkumpul di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (4/1/2023). Mereka sudah mulai dipersiapkan untuk menjadi garda terdepan partai untuk memenangi Pemilu 2024.

Komandan Satgas Nasional Cakra Buana DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun mengatakan, kegiatan di Cibubur tersebut adalah kegiatan pelatihan satgas untuk persiapan HUT ke-50 partai berlambang kepala banteng yang akan diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Selain untuk menghadapi pemilu, satgas PDI Perjuangan yang hadir dari Sabang sampai Marauke ini juga akan menunjukan kebolehannya di acara HUT partai,” katanya di lokasi acara.

Lebih lanjut dia mengatakan, Satgas PDI Perjuangan bisa dikatakan adalah tentaranya partai. Jadi pasukan ini harus benar-benar disiapkan dengan matang, agar bisa langsung bekerja untuk sukseskan pemilu 2024.

Menurutnya, tahun 2024 ada pemilihan legislatif, pemilihan presiden. Sebagai partai besar, PDI Perjuangan harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk kemenangan.

“Salah satu unsur penting dalam partai adalah satgasnya. Mereka akan turun langsung untuk mengamankan suara partai,” katanya.

Dia mengatakan, Satgas PDI Perjuangan ini lahir di zaman orde baru. Saat ini mulai di organisir dan dilembagakan.

“Kami akan gelar latihan di sini selama 5 hari. Harapannya, satgas bisa punya disiplin yang tinggi” katanya.

Sementara itu, Wakil Komandan Satgas Nasional Cakra Buana DPP PDI Perjuangan Letjen (Purn) Ganip Warsito mengatakan, dalam proses kedisiplinan itu merupakan kepatuhan peraturan dalam ketentuan yang berlaku yang dilaksanakan dengan keiklasan.

Menurut Ganip, untuk bisa mendisiplinkan satgas dilatih dengan baris berbaris, penghormatan, dan kemampuan fisik.

“Kenapa baris berbaris itu tidak mudah?, karena butuh ke ikhlasan, butuh kedisiplinan, untuk meluruskan dan untuk melangkah sama-sama,” katanya.

Selain itu, satgas juga akan diberikan pembekalan tentang yel-yel serta penjelasan apa itu Satgas Cakrabuana. Sehingga mereka mengerti tanggung jawab, tugas dan aturannya.

Inilah yang akan kita tanamkan disini. Dan akan di programkan oleh komandan nasionalis secara pertahap di daerah-daerah.

Dia mengatakan, akan ada demonstrasikan keterampilan-keterampilan yang akan ditunjukan oleh satgas dalam latihan ini.

Atraksi itu adalah, bela diri, atraksi pemecahan, perkelahian perorangan dan perkelompok.

“Karena tugasnya satgas ini menjaga marwah partai, tentara partai tugasnya menjaga partai dari hal-hal yang tidak sesuai,” katanya. (Pram)