Sandi Uno Jadi Inspirasi Sukses Pelaku Usaha Milenial

0

JAKARTA (Suara Karya): Indonesia akan menghelat pesta demokrasi terbesar, pemilihan capres dan cawapres pada April 2019. Sandiaga Salahuddin Uno menjadi tokoh yang sangat popular belakangan ini, terkait dengan pencalonan dirinya sebagai calon wakil presiden nomor urut 02 berpasangan dengan calon presiden Prabowo Subianto.

Jauh sebelum hingar bingar politik dan memutuskan terjun di dalamnya, Sandiaga Uno sudah lebih dulu dikenal sebagai sosok inspiratif, gambaran pengusaha sukses yang memotivasi orang lain untuk bisa menjadi seperti dirinya. Sejak kemunculannya sebagai pengusaha muda sukses, sudah banyak kisah tentang Sandiaga Uno, mulai dari liputan media, hingga buku-buku yang membahas kehidupan dan kiprah bisnisnya.

Kesuksesan Sandiaga Uno berproses melalui perjalanan yang sangat panjang hingga saat ini. Sosok yang diidolakan kaum milenial hingga emak-emak ini bahkan sudah menerbitkan buku “One Way Ticket To Succes” Kerja Tuntas Kerja Ikhlas mendeskripsikan kiprah hidup dan perjalanan bisnis seorang Sandiaga Uno, serta bagaimana pengalamannya menaklukkan kesulitan dalam berbisnis. Buku yang fenomenal di kalangan milenial ini ditulis berdasarkan perjalanan dan pergulatan hidup Sandiaga Uno, bagaimana ia mengalami pahit manisnya kegagalan dan kesuksesan.

Kegigihannya dalam berjuang untuk bangkit dari kegagalan, keteguhannya dalam menghadapi tantangan-tantangan, dan pengalamannya menaklukkan kesulitan dalam berbisnis menjadi motivasi orang lain untuk berjuang pantang menyerah, seperti jargon yang selalu didengungkannya, yaitu kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas menjadi kunci kesuksesan bagi semua.

Tak pelak lagi, Sandiaga Uno menjadi harapan perubahan bagi bangsa Indonesia untuk menuju lebih baik. Dan ketika Sandiaga terpilih menjadi cawapres 02 mendampingi capres Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia, April mendatang, harapan besar masyarakat yang mendambakan perubahan ke arah lebih baik, berada di pundaknya.

Sandiaga telah menjadi ikon milenial sekaligus role model ‘Kids Zaman Now’. Dia menjadi sosok wirausahawan sukses yang tanpa kenal lelah mendorong orang lain untuk berwirausaha serta ringan tangan berbagi ilmu dalam berbisnis.

“Sandiaga Uno menjadi salah satu mentor wirausaha yang diidolakan kaum milenial. Kesuksesan yang telah diraih tak membuat Sandiaga Uno lupa diri. Dia sosok pintar, rendah hati, sekaligus religius,” ujar Abdur Arsyad salah satu Komika di acara peluncuran Marchandise The Sandi Uno di Jakarta, Senin (4/2/2018).

Tak bisa dimungkiri, berjuang ke arah lebih baik melalui jargon “Adil Makmur Bersama Prabowo Sandi” membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal yang membesarkan hati dan membuat Sandiaga yakin dalam mengemban amanah adalah munculnya fenomena politik partisipatif yang masif dari masyarakat, berupa sumbangan untuk dana kampanye. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat ingin ikut andil dalam perjuangan menuju perubahan kehidupan berbangsa yang lebih baik.

Berbeda dengan pemilu sebelumnya, pemilu kali ini diwarnai dengan banyaknya warga yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memberikan sumbangan dana kampanye bagi sosok yang didukungnya, termasuk yang ditujukan untuk tim Prabowo-Sandi. Sandiaga Uno mengatakan fenomena ini menunjukkan meningkatnya fenomena politik partisipatif yang masif.

Selama musim kampanye capres-cawapres, Sandiaga sudah mengunjungi lebih dari 1.000 titik untuk menyerap aspirasi masyarakat sekaligus menyampaikan visi misi Prabowo Sandi terkait keadilan ekonomi, hukum dan kemakmuran bagi rakyat. Selama kunjungan itu, cawapres no urut 02 ini melihat banyak sekali masyarakat yang menyumbangkan dana kampanye secara langsung kepadanya.

Dalam beberapa kesempatan Sandiaga mengatakan, fenomena tersebut  bagian daripada politik partisipatif salah satu edukasi politik yang ingin Prabowo-Sandi, bagaimana  masyarakat ikut memperjuangkan perubahan yang mereka harapkan, terutama dari segi kehidupan berbangsa yang lebih baik, kesejahteraan, perubahan ekonomi dan sebagainya. (Andara Yuni)