Santri di Sumenep Jalani Rapid Test Massal

0

SUMENEP (Suara Karya): Ratusan santri di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur yang akan kembali ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Situbondo dilakukan rapid test secara massal.

Kepala Dinas Kesehatan setempat Agus Mulyono menjelaskan, terdapat 205 santri dengan tersebar pada 20 kecamatan yang dilakukan rapid test.

“Ini adalah rapid test bagi kalangan santri. Ini bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Agus Mulyono saat memantau rapid test di Puskesmas Batang-Batang, Senin (20/7/2020).

Ditambahkan, kegiatan ini menjadi bagian dari pelayanan dari Pemerintah Daerah. Dalam pelaksanaan rapid test jika ada santri yang reaktif maka sesuai ketentuan harus melakukan isolasi mandiri.

“Semoga semuanya lancar dan santri bisa kembali ke pondok pesantren. Dan saat kembali ke Sumenep kita berhadap bisa ikut membangun daerah,” harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah Kabupaten Sumenep Mawardi mengaku rapid test kepada santri sudah menjadi ketentuan pondok pesantren.

“Tujuannya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucap Mawardi.

Pihaknya juga mengaku sangat berterimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mengabulkan permohonan rapid test kepada santri yang akan kembali ke pondok pesantren.

“Kami berterimakasih kepada Pemkab khususnya Dinas Kesehatan. Semoga yang dilakukan ini menjadi amal,” sambungnya.

Rapid test ini dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep menindaklanjuti pengajuan Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah. (Syarifuddin Lihawa)