Suara Karya

Sebelum Berlatih di Eropa, PB Percasi Kirim GM Susanto Cs ke Master ASEAN di Filipina

JAKARTA (Suara Karya) : Sebelum mengirim pecatur nasional melakukan latihan di kawasan Eropa, PB Percasi memberikan pemanasan pada pecatur terbaiknya tampil di Turnamen Catur Invitasi Master ASEAN: “AQ Prime ASEAN Chess Championship 2023” di Manila Filipina 10 – 19 Februari 2023.

“Ada tiga pecatur nasional yang diberi kesempatan tampil di : “AQ Prime ASEAN Chess Championship 2023” yaitu GM Susanto Megaranto, MI Mohamad Ervan dan MI Yoseph Theolifus Taher, “tegas Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto di Jakarta, Jumat (10/2/2023).

Menurut Utut, tampil di setiap event internasional sangat penting sekali bagi pecatur nasional baik di tingkat ASEAN, Asia maupun dunia. Mendapat lawan tanding dari luar memberikan semangat tersendiri bagi pecatur nasional untuk meraih gelar juara.

Apalagi lawan yang akan di hadapi di Filipina merupakan pecatur tangguh di kawasan ASEAN yang sebagian besar sudah bergelar Grand Master. Semua itu tentunya dijadikan pelajaran berharga menuju jenjang prestasi yang lebih bagus dalam meningkatkan elo ratingnya.

Apalagi bagi GM Susanto Megaranto sendiri yang diupayakan melakukan latihan di kawasan Eropa antara Belanda dan Swiss bersama GMW Irine Kharisma dan GMW Medina Warda Aulia nantinya.

Utut melanjutkan, sementara bagi pecatur muda seperti MI Mohamad Ervan dan MI Yoseph Theolifus Taher tampil di Filipina selain dapat dijadikan pemanasan, juga memperbanyak jam terbang tanding.

Lebih banyak jam tanding internasional bagi pecatur muda sangat menguntungkan, selain menimba pengalaman tanding juga meningkatkan elo ratingnya untuk mengejar norma GM.

Melalui perhitungan tersebut katanya, tidak segan – segan PB Percasi mengirim para pecatur nya diberbagai event internasional seperti yang digelar di Filipina.

Adapun lawan yang akan dihadapi di Filipina nanti adalah GM Nguyen Van Huy dari Vietnam, CM Dau Khuong Duy (Vietnam), CM Laohawirapap dari Thailand, MI Yeoh Li Tian dari Malaysia.

Sedang tuan rumah Filipina menurunkan pecatur handalnya GM Darwin Laylo, GM John Paul Gomez, MI Paulo Bersamina, MI Daniel Quizon dan Atty. Aldwin Alegre. (Warso)

Related posts