Seleksi Masuk PTN Diatur Kemdikbudristek, LTMPT Bubar!

0

JAKARTA (Suara Karya): Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan dirinya bubar, setelah terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri per 1 September.

“Segala urusan terkait seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru telah beralih menjadi wewenang Kementerian,” kata Ketua LTMPT, Mochamad Ashari dalam siaran pers, Minggu (11/9/22).

Pada Pasal 20 Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022, disebutkan, seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru diselenggarakan oleh Kementerian bekerja sama dengan PTN. Dengan demikian, segala urusan terkait seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru telah beralih menjadi wewenang Kementerian.

Sehubungan dengan itu, lanjut Prof Ashari, Mendikbudristek telah menerbitkan Keputusan Nomor 346/P/2022 tentang Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023, yang diberi tugas untuk melakukan persiapan dan penyusunan bahan
pelaksanaan seleksi tahun 2023.

Segala urusan terkait persiapan dan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2023 berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek.

“Demikian Pengumuman ini disampaikan untuk diketahui masyarakat luas,
khususnya yang membutuhkan informasi terkait persiapan pelaksanaan seleksi
nasional penerimaan mahasiswa baru 2023,” kata Prof Ashari menandaskan. (Tri Wahyuni)