Senam Indonesia Terpilih jadi Agenda Wajib di Setiap Acara Resmi ASEAN

0

JAKARTA (Suara Karya): Senam bernama Aerobic ‘Sat Kerthi’ for All terpilih menjadi agenda wajib dalam setiap gelaran resmi di negara-negara anggota ASEAN.

“Senam itu nantinya dipraktikkan dalam setiap acara formal di negara-negara ASEAN,” kata Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin dalam pertemuan menteri-menteri Kesehatan se-ASEAN ke-15, di Bali, Jumat (13/5/22).

Senam Aerobic “Sat Kerthi” for All atau disebutkan juga AFAD (ASEAN Fun Aerobic Dance) merupakan pemenang dari ASEAN Fun Aerobic Dance Competition (AFADC) yang diadakan pada 2021 lalu.

AFADC merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan ASEAN Car Free Day yang menjadi inisiatif Indonesia dalam ASEAN Health Minister Meeting (AHMM) ke-13 di Brunei Darussalam, pada 2017 lalu. Saat itu Indonesia terpilih sebagai negara yang memimpin kegiatan ASEAN Car Free Day.

AFADC telah dilakukan Kementerian Kesehatan pada 29 November 2021 lalu di Jakarta. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh negara dalam lingkup ASEAN. Kompetisi dimulai pada awal Mei 2021 dan berakhir pada 29 Oktober 2021.

Sebanyak 27 peserta mendaftar, namun hanya 21 peserta yang mengirim video. Peserta terbanyak datang dari Indonesia sebanyak 20 peserta, 5 dari Thailand dan 2 dari Malaysia.

Penjurian dilakukan pada 15 September dan berakhir pada 15 Oktober 2021. Dewan juri sebanyak 8 orang dari Jepang, Brazil, Indonesia, Kamboja dan Thailand. Mereka memiliki latar belakang ahli dalam asosiasi profesi fitnes, dokter olahraga, koreografer tari/senam dan perwakilan dari ASEAN.

Disebutkan, 3 pemenang dengan nilai tertinggi yaitu Sat Kerthi for All dari Indonesia; Asia Tenggara yang Indah dari Indonesia; dan Budaya Tradisional ASEAN dari Indonesia.

Video favorit dari pilihan publik adalah Sat Kerthi for All dari Indonesia dengan total 10.918 suka. Video tersebut mendapat like terbanyak di channel youtube AFADC.

Karya pemenang AFADC menjadi ASEAN dengan nama AFAD. Senam itu melambangkan komitmen ASEAN untuk mempromosikan gaya hidup sehat.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemkes, Maria Endang Sumiwi berharap AFAD dapat memperkuat promosi gaya hidup sehat melalui dorongan dan mobilisasi aktivitas fisik di komunitas ASEAN. AFAD juha menjadi olahraga yang mewakili komunitas ASEAN.

“Kegiatan ini dilakukan oleh ASEAN dan untuk ASEAN. Mari berlatih ASEAN Fun Aerobic Dance untuk ASEAN yang lebih sehat,” ujarnya. (Tri Wahyuni)