Sepak Bola Dunia, Wenger Tanggapi Situasi Ozil di Arsenal

0
Gelandang Arsenal Mesut Ozil.(independent.co.id)

JAKARTA (Suara Karya): Arsene Wenger telah mengatakan bahwa keputusan Arsenal untuk memberi Mesut Ozil kontrak jangka panjang kemungkinan telah membuat gelandang tersebut berada di “zona nyaman.”

The Gunners memperpanjang kontrak Ozil hingga 2021 pada Januari lalu di tengah spekulasi bahwa ia akan mengikuti jejak Alexis Sanchez untuk keluar dari Stadion Emirates.

Wenger masih menjadi pelatih saat itu dan meski langkah perpanjangan tersebut dipandang positif, gelandan berpaspor Jerman lebih sering tidak dimainkan oleh pelatih baru klub Unai Emery.

Ozil terakhir bermain di awal laga pada Boxing Day dan hanya dua kali bermain bahkan sebagai pemain pengganti di semua kompetisi pada 2019.

“Saya merasa bahwa lamanya masa kontrak tidak ada hubungannya dengan pemilihan tim. Tetapi terkadang ada kasus khusus,” kata Wenger menerima penghargaan Lifetime Achievement Award di sebuah acara Laureus World Sports Awards.

“Saat kita mengontrak pemain selama lima tahun, kita mengharapkan pemain yang bagus selama lima tahun. Namun, itu tidak berarti bahwa pemain tersebut berlatih keras, bermain bagus. Karena mereka mungkin berada di zona nyaman mereka,“ tambah Wenger yang dilansir Mirror.co.uk pada Selasa (19/02/2019).

Lebih lanjut, Wenger menceritakan situasi dilematis yang dialami Arsenal musim lalu terkait kontrak baru Ozil.

“Bila Anda ingin membeli pemain sepertinya (Ozil), Anda harus mengeluarkan 100 juta poundsterling (sekitar Rp1,82 triliun). Dan untuk mempertahankan nilai sang pemain, di luar kasus Ozil, ini lebih tentang struktrur sepak bola.

“Untuk membeli pemain kualitas terbaik Anda membutuhkan 100 juta poundsterling. Jadi keputusan yang harus Anda ambil apakah akan merekrut ulang pemain yang sudah ada di dalam tim dan gratis, atau mengeluarkan banyak uang untuk membeli pemain baru,” jelasnya. (Bobby MZ)