“September Ceria 2020” PKKMB UNJ Masuk Rekor MURI

0

JAKARTA (Suara Karya) : “September Ceria” lantunan judul lagu penyanyi senior Vina Panduwinata layak dinikmati Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kepemimpinan Rektor Dr. Komarudin. Selama bulan September 2020 berbagai penghargaan dan kehormatan yang diraih UNJ.

Awal September UNJ masuk ranking 8 dalam pemeringkatan kemahasiswaan nasional. Berselang beberapa waktu dinyatakan masuk peringkat 3 nasional dalam Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Setelah sukses meraih 3 besar dalam Hak Kekayaan Intelektual, 6 alumni UNJ termasuk Dr. Komarudin mendapat penghargaan dari pemerintah dalam Haornas 9 September 2020.

Belum selesai menikmati kebanggaannya, tim tari UNJ tampil sebagai juara nasional saat mengikuti lomba di UNHAS. Kebanggaan yang tidak terbayangkan lahir lagi, ketika pelaksanaan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru ( PKKMB) kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tahun 2020 meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk Rekor Sosialisasi 3 M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dengan video terbanyak, terdiri 5.720 orang mahasiswa baru UNJ pada PKKMB yang berlangsung secara virtual.

Penghargaan MURI tersebut diserahkan perwakilan MURI Awan Rahargo kepada Rektor UNJ Dr. Komarudin didampingi Ketua Pelaksana PKKMB UNJ Abdul Sukur pada penutupan PKKMB UNJ secara virtual di kampus UNJ Jakarta, Jumat (18/9).

Komaruddin mengatakan, sejak dibuka secara daring 14 September 2020 lalu hingga penutupan, rangkaian PKKMB digelar secara virtual karena situasi pandemi covid 19.”Berkat kerja cerdas, kreatif, inovatif dan sinergitas yang baik dari panitia pelaksana, alhamdulilah PKKMB Digital UNJ 2020 berjalan semarak dan penuh kesan. Semoga sejalan dengan harapan kita semua UNJ dari hari kehari semakin memantapkan diri menjadi terbaik dan mudah – mudahan menjadi champion,” tegas Komaruddin.

Komaruddin memaparkan, sejumlah prestasi UNJ diantaranya peringkat kinerja dosen dalam bidang penelitian terus meningkat secara nasional, pada 2016 berada peringkat 28, 2017 menjadi peringkat 18 dan 2019-2020 berada di peringkat mandiri. Berikutnya, publikasi di jurnal terindeks Scopus pada September 2020 berjumlah 1.362 artikel .

Semua penghargaan dan kebanggaan yang diraih UNJ tidak terlepas kolaborasi kinerja para dosen dan mahasiswa UNJ. Semoga keberhasilan di semua bidang termasuk penghargaan MURI terus diraih UNJ dikemudian hari.

Komarudin menceritakan, keberhasilan masuk peringkat 3 nasional dalam Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di bawah Universitas Brawijaya dan UGM juga tidak terlepas kinerja para Dosen dan mahasiswa.

Begitu juga dibidang kemahasiswaan masuk peringkat delapan dalam ranking pemeringkatan mahasiswa. Apalagi dibidang olahraga, seni, akademik atau pengembangan intelektual dan lainnya, diantaranya memenangkan kejuaraan Indonesia Esport League University Super Series 2020, juara tari kreasi tingkat nasional di UNHAS.

Dalam dunia olahraga, prestasi cukup cemerlang yang diraih para mahasiswa UNJ dengan menyumbang 7 medali emas bagi Merah-Putih di Asian Games 18 yang digelar di Jakarta tahun 2018. Begitu juga sumbangsih di PON 2016 di Jawa Barat dan PomNas 2019 di Jakarta, atlet DKI yang tergabung dalam UNJ memberikan andil cukup besar dalam perolehan medali bagi kontingen Ibukota.

Menyinggung waktu pandemi Covid-19 Komarudin menegaskan,
UNJ berperan aktif melalui UNJ Peduli dan gugus tugas covid 19 yang melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan.”Semua pencapaian ini patut kita syukuri semoga semakin meyakinkan dan menguatkan kita bersungguh sungguh, bersatu, bersinergi dan membangun harmoni mencapai cita cita menuju kampus yang bereputasi di kawasan Asia.

Terkait penghargaan MURI, Komaruddin menyatakan PPKBM UNJ 2020 menjadi salah satu bentuk edukasi dan kepedulian UNJ agar mahasiswa baru UNJ dapat melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dengan pelaksanaan 3M.

“Kita lakukan edukasi penyampaian informasi agar protokol kesehatan covid secara ketat melalui kampanye 3M. Ini menjadi tekad UNJ agar edukasi menangkal covid 19 gencar dan intensif, “tambah Abdul Sukur, Ketua Pelaksana PKKMB UNJ yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni berharap seluruh rangkaian kegiatan PKKMB yang telah dilaksanakan dalam merdeka belajar dan kampus merdeka dapat memberi kontribusi bagi mahasiwa yang memiliki karakter kuat, produktif dan berprestasi.

Sementara perwakilan MURI Awan Rahargo mengatakan, PKKMB UNJ mencatat prestasi superlative bagian dari kriteria MURI.’Pencatatan yang melibatkan jumlah peserta terbanyak, sebanyak 5.720 peserta melaksanakan 3M dengan video terbanyak. Kami mencatat unik dan langka dalam PPKBM UNJ ini. Sehingga dengan bangga kami berikan Rekor MURI Dunia Indonesia untuk UNJ, “tegas Awan. (Warso).