Sesuai Protokol, Gibran Jalani Tes Kesehatan di RSUDM

0

JAKARTA (Suara Karya) : Dengan langkah pasti, pasangan Calon Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersama Wakilnya Teguh Prakosa menjalani tes kesehatan, di RSUD Dr Moewardi,Solo, Selasa (08/09/2020).

Hal tersebut dilakukan sebagai tahapan Pilkada Solo 2020. Gibran datang menggunakan kemeja putih dan celana hitam lengkap dengan face shield dan sarung tangan.

Menurut rilisnya, sesuai protokol kesehatan, Gibran juga terlebih dahulu menjalani pemeriksaan suhu tubuh serta menggunakan hand sanitizer.

Gibran datang ke lokasi tes kesehatan di RSUD Dr Moewardi setengah jam sebelum tes dimulai.

Dia juga meminta doa agar setiap tahapan yang dilalui lancar. “Minta doa agar lancar semuanya,” harap dia.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moewardi ditunjuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lokasi tes kesehatan bakal calon yang maju di Pilkada ini.

Selain itu, tes kesehatan juga diikuti dari beberapa daerah seperti Sukoharjo, Magelang, Wonogiri, dan Blora.

Menurut keterangan Humas RSUD Moewardi, Eko Haryati bahwa Calon Kepala Daerah menjalani tes kesehatan sejak pukul 07.30 WIB.

“Untuk tahapan kesehatan, bakal calon yang mengikuti tes kesehatan harus melalui serangkaian kesehatan meliputi tes fisik, tes urine, dan psikotes,” ujar Eko.

Sebelum melakukan tes kesehatan, bakal calon harus melakukan pemeriksaan The Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) untuk mendeteksi COVID-19.

“Untuk tes COVID-19 sudah sebelumnya, jadi sebelum dilakukan pemeriksaan baslin harus sudah membawa hasil swab test negatif,” tambah Eko.

Untuk pemeriksaan jasmani terdiri dari pemeriksaan fisik, EKG, echocardiografi, treadmill, USG carotis, neurologi, neurobehavior, bedah onkologi, urologi, gigi dan mulut, mata, penyakit dalam, paru, spirometri, THT, audiometri.

“Khusus untuk bakal calon wanita ada
pemeriksaan obstetri dan ginekologi,” paparnya.

Sedangkan untuk psikotes akan dilakukan oleh Psikiatri, tes psikologi dan wawancara oleh HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia). Dan untuk pemeriksaan narkoba dilakukan oleh BNN melalui wawancara dan tes urine.

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi (RSUDM) sebagai salah satu tempat pemeriksaan kesehatan bagi Pasangan Calon Pemilihan Tahun 2020. RSUDM sebagai salah satu rumah sakit kelas A milik Provinsi Jawa Tengah yang terletak di Kota Surakarta ini siap menerima Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Bupati dan Wakil Bupati dari 8 kabupaten/kota untuk pemeriksaan kesehatan.(Warso)