Setya Novanto Sebut Jangan Ragukan Loyalitas Ridwan Hisjam untuk Golkar

0

JAKARTA (Suara Karya): Ketua Umum Partai Golkar periode (2016-2017) Setya Novanto, menyambut baik terbitnya buku Reformasi Paradigma Baru Partai Golkar, yang ditulis politisi senior Ridwan Hisjam. Buku ini diharapkan bisa memberikan wawasan, dan gagasan baru untuk kemajuan Partai Golkar.

Dalam rekaman suara yang diperdengarkan saat peluncuran buku Reformasi Paradigma Baru Partai Golkar, di Jakarta, Minggu (10/11/2019) Novanto mengatakan, loyalitas dan perjuangan Ridwan Hisjam untuk membesarkan partai tidak perlu diragukan lagi, dan itu sudah dimulainya sejak dari Jawa Timur hingga ke Jakarta.

Diceritakan Novanto, dirinya telah mengenal Ridwan Hisjam sejak lama, bahkan dari saat mereka berdua belum menikah. Sejak bergabung bersama Golkar Jawa Timur pada tahun 1992, Ridwan dinilai aktif dan banyak merangkul masyarakat untuk.lebih mencintai Golkar dan bahkan masuk menjadi kader partai.

Namun, perjalanan Ridwan untuk membesarkan Golkar di Jawa Timur tidaklah mulus. Diakatan Novanto, masa reformasi menyebabkan Golkar harus kehilangan kepercayaan masyarakat, bahkan terjadi pembakaran kantor DPP Golkar di Jawa Timur.

Pada tahun 2000, Ketua Umum Golkar yang saat itu dijabat Akbar Tandjung, mempercayakan Ridwan untuk menjadi Ketua DPD Golkar Jawa Timur.

Kepercayaan Akbar Tandjung-pun dijawab Ridwan dengan kemenangan besar di Jawa Timur, suara Golkar naik 45 persen, dan akhirnya menjadikan partai ini sebagai pemenang pemilu pada 2004. (Bayu Legianto)