Sevima Tawarkan Kuliah IT Gratis di Surabaya, Lulus Langsung Kerja!

0

JAKARTA (Suara Karya): PT Sentra Vidya Utama (Sevima) menawarkan beasiswa sarjana untuk bidang IT (Information Technology) di kampus favorit yang ada di Surabaya. Tak hanya itu, penerima Beasiswa Semesta (Sevima Mencari Siswa Bertalenta) juga disiapkan pekerjaan setelah lulus.

Demikian dikemukakan Direktur Utama Sevima, Sugianto Halim dalam siaran pers, Jumat (21/5/2021).

Sugianto menjelaskan, beasiswa Semesta sebenarnya telah dilaksanakan sejak tiga tahun lalu. Setiap tahun, jumlah penerimanya terus ditingkatkan agar anak bangsa yang memiliki talenta digital dapat dikembangkan kemampuannya.

“Tahun ini alokasi dana untuk beasiswa Semesta sebesar Rp275 juta. Dana itu untuk pembebasan SPP bagi penerima hingga lulus menjadi sarjana,” ujarnya.

Ditegaskan, beasiswa Semesta merupakan wujud peran aktif dunia industri dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Hal itu selaras dengan program Kampus Merdeka yang digagas Mendikbudristek Nadiem Makarim.

“Saat ini pemerintah membutuhkan banyak sekali generasi muda dengan talenta digital untuk mendukung pembangunan di Tanah Air. Dan kami ingin berkontribusi dalam persiapan talenta digital tersebut,” ujarnya.

Upaya yang dilakukan Sevima mendapat apresiasi dari Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbudristek, Nizam. Dalam kesempatan berbeda, dikatakan, para talenta digital dibutuhkan Indonesia di era digital saat ini.

“Bidang IT akan mewarnai perkembangan dunia masa kini dan masa depan. Kami memberi apresiasi kepada swasta yang mau membantu pemerintah dalam persiapan talenta digital untuk Indonesia,” ujarnya.

Nizam berharap upaya yang dilakukan Sevima juga bisa dilakukan dunia usaha lainnya. Karena semangat gotong royong semacam ini diperlukan untuk akselerasi kemajuan SDM di Indonesia,” kata Nizam menegaskan.

Dalam bagian akhir, Sugianto menyebut beberapa persyaratan bagi penerima beasiswa Semesta. Selain harus warga negara Indonesia, calon penerima harus menyelesaikan pendidikan SMA/SMK, maksimal lulusan tahun 2019.

“Syarat lainnya adalah tidak terikat oleh program beasiswa lainnya, bersedia tinggal di Surabaya dan berminat dalam bidang IT,” tutur Sugianto.

Untuk mendaftar, mahasiswa bisa mengisi formulir dan berkas yang dibutuhkan ke website maukuliah.id. Setelah mendaftar, calon penerima akan menjalani tes berbasis kompurer dan tes kemampuan coding (hackaton). Proses seleksi itu dilakukan secara daring dari rumah masing-masing.

“Kami harap peminat segera mendaftar, karena kesempatan itu berakhir pada 4 Juni 2021,” ucap Sugianto menandaskan. (Tri Wahyuni)