Sinergitas Lembaga Program BAZNAS dalam Selenggarakan Khitanan Masal di Desa Tuva

0

SIGI, SULTENG (Suara Karya): Berbagai lembaga program yang dimiliki Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), antara lain Zakat Community Development (ZCD), Rumah Sehat BAZNAS (RSB), BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), Mualaf Centre BAZNAS (MCB), serta BAZNAS Microfinance (BMFi) bersinergi mengadakan khitanan massal yang diikuti oleh 25 orang anak Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Lokasi khitanan ini dilaksanakan di Posyandu Desa Tuva pada Sabtu (29/05/2021) pukul 11.00 sampai 16.00 WITA.

Pada kegiatan tersebut, tim medis yang berasal dari RSB berjumlah 6 orang perawat melakukan khitanan termasuk Dokter Kaslan sebagai kepala RSB Parimo. Secara medis khitan atau sirkumisi bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit seksual menular, seperti herpes atau sifilis. Mencegah terjadinya penyakit pada penis, seperti nyeri pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis. Serta mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih yang berkaitan dengan masalah ginjal.

Antusias tinggi ditunjukkan masyarakat yang membuat kegiatan tidak cukup dilakukan dalam satu hari, dan direncanakan akan berlangsung kembali di tahap 2.

Dengan adanya kegiatan khitanan massal ini masyarakat prasejahtera Desa Tuva merasa sangat terbantu, orang tua dapat merasakan keringanan dari beban yang seharusnya dikeluarkan untuk khitan dapat dialihkan pada kebutuhan pangan sehari-hari. (Pramuji)