Siswa Indonesia Raih Medali Emas Kompetisi IOI Ke-33 di Singapura

0

JAKARTA (Suara Karya): Tim Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam kompetisi ‘International Olympiad in Informatics’ (IOI) ke-33 di Singapura. Indonesia berhasil meraih satu medali emas dan tiga medali perak pada ajang yang digelar secara daring pada 19-25 Juni 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi dalam siaran pers, Selasa (29/6/21) menyampaikan apresiasinya kepada empat siswa Indonesia yang berhasil menjadi juara dalam bidang informatika.

“Selamat kepada adik-adik, generasi muda Indonesia, yang berhasil merebut 4 medali dalam event IOI ke-33,” katanya.

Asep menambahkan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional secara konsisten mengirim pelajar berprestasi pada berbagai kompetisi, termasuk bidang informatika seperti IOI ke-33 tahun 2021.

“Kita butuh generasi muda yang berprestasi dalam segala bidang. Kemdikbudristek juga konsisten menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional, khususnya bidang informatika,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Asep, setiap tahun Kemdikbudristek menyiapkan peserta didik terbaik untuk mencoba kemampuan mereka dan memberi pengalaman kepada mereka kompetisi di level internasional.

“Kami kirim siswa Indonesia terbaik untuk berkompetisi di level internasional, agar mereka dapat pengalaman, sekaligus mengharumkan nama bangsa Indonesia,” ucapnya.

Sebagai informasi, kompetisi IOI merupakan kompetisi sains tertinggi di bidang informatika yang digelar setiap tahun. Tahun ini, 355 peserta dari berbagai negara tepah bergabung dalam IOI ke-33 di Singapura.

Indonesia mengirim 4 siswa terbaik di bidang informatika dan berhasil meraih satu medali emas dan 3 medali perak. Untuk medali emas diraih Pikatan Arya Bramajati, siswa SMA Semesta BBS Semarang. Sedangkan 3 medali perak diraih Nicholas Patrick, siswa SMA Cita Hati Christian Surabaya; Rama Aryasuta Pangestu, siswa SMAK Kanisius Jakarta; dan Edbert Geraldy Cangdinata, siswa SMA Sutomo 1 Medan.

Salah satu tim IOI Indonesia, Pikatan Arya Bimajati mengatakan, kompetisi tingkat nasional membuatnya menjadi lebih baik. “Setelah berhasil di tingkat nasional, membuat diri kita terdorong semakin baik lagi untuk persiapan ke tingkat internasional. Karena jelas lebih susah dan lebih ketat persaingannya,” ujarnya.

Ketua Umum Panitia Penyelenggara IOI Tahun 2022, Rizal Alfian menyampaikan, Indonesia akan menjadi tuan rumah pagelaran IOI ke-34. Perhelatan yang digelar pada 2022 itu bertempat di Provinsi Yogyakarta.

“Alhamdulillah tahun depan kita akan menjadi tuan rumah kompetisi IOI,” ujar Rizal Alfian.

Melalui ajang IOI ke-34 tahun 2022, Rizal mengungkapkan, Indonesia akan berupaya keras supaya pelaksanaan lomba akan memberi kenyamanan dan kepuasan kepada peserta.

“Meraih prestasi emas, menyebarkan demam ‘computational thinking’ dan ‘programming’ di Indonesia, mengukuhkan kekuatan digital creative Indonesia, dan ikur mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia,” katanya menandaskan. (Tri Wahyuni)