Siti Nurbaya: Jokowi, Sosok Pemimpin yang Mencintai dan Dicintai Rakyat

0

JAKARTA (Suara Karya): Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai pemimpin yang sangat mencintai dan dicintai rakyat. Karena itu kepemimpinannya selama ini diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalu berbagai pembangunan infrastruktur dan beragam fasilitas untuk kemajuan rakyat.

“Beliau pemimpin yang sangat peduli dengan rakyat. Saya mengikuti cara kerja Pak Jokowi, dia mau mendengar suara rakyat. Orang yang hatinya dekat dengan kita, dekat dengan rakyat,” ujar jurkam nasional pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, Siti Nurbaya Bakar, saat kampanye terbuka, di Lapangan Pasar Minggu Kandis, Kecamatan Siak, Riau, Sabtu (30/3/2019).

Siti Nurbaya yang dikirim Tim Kampanye Nasional (TKN) ke kampanye terbuka di Riau ini, kompak bersama Gubrnur Riau, Syamsuar yang datang atas nama pribadi pendukung Jokowi.

Dalam orasinya mengungkapkan, dirinya punya pengalaman sebagai birokrat selama lebih dari 40 tahun dan menjadi saksi bagaimana perhatian Presiden Joko Widodo pada berbagai persoalan di tingkat bawah.

“Karena itulah, saya mengajak masyarakat yang sudah kenal Pak Jokowi, suka Pak Jokowi dan percaya Pak Jokowi lalu mengajak teman dan keluarga pilih Pak Jokowi pada 17 April mendatang untuk dua hal. Pertama, untuk melanjutkan pembangunan yang berpihak pada rakyat, dan kedua untuk keberlangsungan negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” papar Siti Nurbaya yang dalam Kabinet Kerja Jokowi-Kalla, dipercaya menduduki abatan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Antusiasme warga menghadiri kampanye terbuka oasangan Capres nomor urut 01 ini sangat tinggi. Meski suasana panas terik, ribuan masyarakat yang hadir tampak tetap bertahan mendengarkan orasi politik hingga selesai. Acara juga semakin meriah saat Siti Nurbaya dan Syamsuar ikut menghibur massa dengan nyanyi bersama artis Iis Dahlia.

Jangan Percaya Hoaks
Dalam orasinya, Siti Nurbaya juga mengajak masyarakat untuk melihat kerja nyata pemerintah, dan tidak percaya dengan fitnah, berita bohong atau hoaks yang menjelekkan Jokowi.

Selain itu Siti mengingatkan masyarakat untuk tidak golput pada hari H pencoblosan, 17 April mendatang. “Jangan golput. Jaga negara kita, jaga bangsa kita, untuk kesejahteraan rakyat semua,” ajak Siti yang disambut gemuruh massa.

Pada bagian lain orasinya, Siti Nurbaya meyakinkan warga dengan bukti kecintaan Jokowi pada rakyatnya melalu kebijakan, salah satunya kebijakan Perhutanan Sosial di Provinsi Riau, yang telah disahkan 83.928 ha lebih untuk 16.174 KK yang tersebar di seluruh Kabupaten/kota. Pemerintah juga telah menyiapkan 652.661 ha untuk 127.972 KK.

Perhutanan sosial diyakini menjadi solusi dari banyak persoalan lahan dan lingkungan di Riau. “Persoalan terkait lingkungan hidup dan hutan telah kita kerjakan dan akan terus kita selesaikan. Pesan Pak Jokowi pada saya, hutan harus untuk kesejahteraan rakyat. Di Riau kita telah siapkan 1,1 juta ha untuk rakyat melalui Perhutanan Sosial,” tegasnya.

Tak hanya Siti Nurbaya, tokoh masyarakat yang juga Gubernur Riau, Syamsuar, juga kompak menyampaikan perhatian Presiden Jokowi pada daerah. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tak percaya hoaks yang banyak menyebar selama masa Pilpres.

“Pak Jokowi diserang fitnah luar biasa, disebut anti agama, LGBT, dan isu PKI, itu semua bohong. Masyarakat jangan percaya hoax yang memecah belah kita. Saya ajak masyarakat jangan golput di Pilpres kali ini,” tegas Syamsuar disambut meriah massa yang hadir.

Syamsuar mengajak masyarakat untuk tak ragu mendukung Jokowi-Amin, karena banyak pembangunan di era pemerintah saat ini yang sampai ke pelosok desa, seperti dukungan infrastruktur jalan tol, jalur kereta api, dan banyak program rakyat lainnya.

Perhatian nyata lainnya adalah dukungan bagi para petani, mulai dari pemberian asuransi hingga bantuan peremajaan sawit secara cuma-cuma.

“Yang sudah bagus ini harus dilanjutkan. Kita butuh kepemimpinan beliau yang merakyat. Banyak dukungan kebijakan beliau yang harus diteruskan di Riau,” kata Syamsuar.

Menurut Syamsuar kepemimpinan Jokowi semua masyarakat merasakan pembangunan infrastruktur. Tidak hanya pembangunan jalan dan jembatan saja, di masa kepemimpinan Jokowi, masyarakat Riau mulai menikmati jaringan listrik interkoneksi Sumatera.

Riau juga kata Syamsuar telah merintis jalan tol yang menghubungkan Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Padang. “Ke depan, pak Jokowi juga akan membangun jalur rel kereta api di Riau-Sumbar. Sebab itu, harus kita dukung pak Jokowi agar pembangunan ini berlanjut tanpa hambatan,” ujarnya.

Syamsuar mengakui jika tanpa dukungan Jokowi, pembangunan di Riau tidak akan seperti ini, apalagi APBD Riau saat ini hanya sekitar Rp 9 triliun saja.(Gan)