SMAN 8 Jakarta Gelar “ITB Day” dalam Edufair Part 3

0
(Suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Sosialisasi tentang beragam program studi dan gambaran mengenai seleksi dan persaingan masuk Insituet Teknologi Bandung (ITB), dipaparkan oleh jajaran tim ITB, mulai dekan, dosen, dan juga pejabat yang terkait dengan proses seleksi masuk ITB, kepada para siswa dan orang tua SMAN 8 Jakarta, dalam acara Edufair Part 3 bertajuk “ITB Day” yang digelar secara daring melalui zoom, Sabtu (3/10).

Di sesi awal dibuka oleh penjelasan informatif dari Asep Kurnia, S.Kom selaku Kasubag Hubungan Kemasyarakatan dan Publikasi Biro Komunikasi dan Humas ITB yang didampingi oleh Bapak Irvan Critiawan, S.T., selaku Kepala Bagian Penerimaan Siswa Baru, Direktorat Pendidikan ITB yang memberikan pemaparannya tentang Penerimaan Mahasiswa Baru.

Beliau menjelaskan fakultas di ITB secara berurutan dari passing grade dengan peringkat kesulitan yang sangat tinggi antara lain STEI, FTI, SITH dan lain-lain hingga passing grade dengan tingkat kesulitan tinggi antara lain FTTM kampus Cirebon, FTSL kampus Jatinangor, dll.

Untuk penerimaan melalui jalur undangan atau SNMPTN beliau tidak dapat memberikan patokan nilai rapor secara jelas karena penerimaan undangan melalui jalur rapot selalu berbeda tiap tahunnya mengikuti jumlah pelamar mahasiswa pada tahun tersebut, serta bergantung pula oleh akreditasi dari masing-masing sekolah asal siswa.

Kepala Bagian Penerimaan Siswa Baru, Direktorat Pendidikan ITB, Irfan Cristiawan berpesan kepada Rajawali Emas 2021 untuk mengenali potensi dan kemampuan diri sendiri sebelum menentukan pilihan jurusan dan universitas nanti sedangkan Asep Kurnia berpesan agar siswa SMA N 8 Jakarta dapat berjuang untuk dapat diterima di ITB baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun jalur Mandiri.

Selanjutnya ada penjelasan dari Akbar Adhi Utama, sebagai Ketua Program Study Kewirausahaan yang menerangkan tentang SBM secara umum. SBM terbagi menjadi 3 prodi yaitu jurusan Manajemen, Kewirausahaan, dan Bisnis Internasional.

SBM ITB ditempuh dalam waktu 3 tahun saja karena per satu tahun studi mahasiswa SBM akan menempuh 3 semester .

Melalu program SBM ini ITB ingin mencetak mahasiswa mahasiswi yang dapat menjadi pemimpin yang berjiwa entrepreneur yang dapat mengambil keputusan dengan cepat dan mampu mengaplikasikan ide-ide kreatif yang dimilikinya untuk menjawab kebutuhan di masyarakat.

Berikutnya yang tidak kalah menarik adalah pemaparan program FTMD ITB oleh Ibu Indria Herman, ST, selaku Dosen dan Pengawas Kemahasiswaan Teknik Mesin. Beliau mengatakan jurusan Material di FTMD merupakan salah satu jurusan yang seksi di Departemen FTMD, karena jurusan material sangatlah dibutuhkan pangsa pasar Industri saat ini. Beliau juga berpesan agar Siswa Siswi Smandel harus mempersiapkan diri secara lebih baik dengan tekun belajar agar dapat menjadi mahasiwa FTMD yang berwawasan luas.

Kontribusi bagi Negara

Menjelang siang hari Edufair diisi oleh Dekan Fakultas Industri ITB, Prof Brian Yuliarto, Beliau memaparkan banyak hal tentang Pogram Study yang ada di Fakultas Teknik Industri dengan sangat lengkap dan jelas.

Brian Yuliarto berharap untuk siswa SMA N 8 Jakarta banyak diterima di ITB, dapat ikut berkontribusi untuk negara dengan membuka wawasan dan membuka informasi yang seluas luasnya.

Sesi selanjutnya adalah penjelasan dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Prasanti Widyasih Sarli, selaku Dosen dan Staf Akademik Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB, beliau menjelaskan banyak lapangan kerja yang bisa oleh lulusan dari FTSL tersebut. Dan beliau berharap apapun jurusan yang akan dipilih harus dijalankan dengan sungguh2 dan dedikasi tinggi untuk mempelajari jurusan yang telah dipilih nanti.

Sesi terakhir di hari yang panjang ini adalah salah satu jurusan favorit yang banyak diminati oleh siswa siswi SMA N 8 Jakarta yaitu STEI Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. Narasumber dari STEI ITB adalah Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu Dr. Techn. Saiful Akbar.

Beliau menjelaskan tentang Program Study yang ada di STEI yaitu Electrical Engineering, Informatics / Computer Sciens, Power Engineering, Telecommunication Engineering, Information System and Technology, BiomedicalEngineering. Apa yang di paparkan Dr. Techn. Saiful Akbar,. sangat jelas .

Dr. Techn. Saiful Akbar berpesan untuk siswa siswi SMA n 8 Jakarta agar mengetahui terlebih dahulu program study apa yang disukai apapun dan dimanapun itu, kemudian berusaha dengan sekuat tenaga untuk bisa mencapai apa yang diinginkan dengan sungguh-sungguh dan positif karena perjalan masing panjang.

Edufair pada hari ini Sabtu tanggal 03 Oktober 2020 “ITB Day” , dimana Edufair SMA N 8 Jakarta merupakan kegiatan sinergi antara pihak sekolah SMAN 8 Jakarta dan segenap orang tua murid di SMA N 8 Jakarta dengan mengundang para narasumber yang sangat kompeten dari ITB..

Waktu yang dibutuhkan pada Edufair kali ini cukup panjang karena Panitia berusaha mengakomodir banyak keingintahuan dari Siswa siswi SMA N 8 Jakarta tentang fakultas dan jurusan di ITB, karena memang setiap tahunnya siswa siswi SMA N 8 yang berhasil lolos ke ITB cukuplah banyak yaitu mendekati 100 siswa yang diterima. (Pramuji)