Sosialisasikan Program ke Warga, BPJS Kesehatan Jakbar Gelar MCS

0

JAKARTA (Suara Karya): BPJS Kesehatan Jakarta Barat (Jakbar) menggelar kegiatan Mobile Customer Service (MCS), untuk sosialisasika program ke warga. Diharapkan warga menjadi paham atas beragam program yang dikembangkan BPJS Kesehatan.

“Hari ini, MCS kami pusatkan di Kantor Kelurahan Meruya Selatan, Jakarta Barat. Sosialisasi dilakukan orang per orang agar program dipahami secara benar,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan Jakbar, Desi Muflihatun, di Jakarta, Senin (13/9/22).

Desi menjelaskan, informasi yang disampaikan terkait penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk pelayanan kesehatan dan KIS Digital pada aplikasi Mobile JKN. Dan kanal layanan tanpa tatap muka, seperti Care Center 165, Vika, Chika, Pandawa, Mobile JKN.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan petugas BPJS Kesehatan untuk mengenalkan fitur baru dalam aplikasi Mobile JKN, yang memudahkan peserta dalam membayar iuran yang tertunggak.
Fitur bernama Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) itu menawarkan model pembayaran tunggakan lewat cicilan.

“Ternyata banyak juga warga yang belum paham tentang program Rehab ini. Mereka terlihat antusias, karena bisa menjadi solusi dalam melunasi tunggakan. Mereka bisa mencicil sesuai aturan yang ditetapkan BPJS Kesehatan, tetapi tetap terasa ringan karena dicicil,” tutur Desi.

Pertanyaan menarik yang diajukan warga tentang cara perpanjangan anak usia diatas 21 tahun yang masih kuliah. Iuran anak tersebut bisa tetap menjadi tanggungan orangtuanya asalkan melampirkan surat keterangan aktif kuliah dari universitas terkait.

Pertanyaan lain yang diajukan, bagaimana cara pengecekan status kepesertaan aktif BPJS Kesehatan. Dijelaskan, pengecekan bisa dilakukan dengan membuka menu Info Peserta pada aplikasi Mobile JKN peserta.

“Mengunduh aplikasi Mobile JKN ini banyak manfaatnya. Semua hal bisa dilakukan pada aplikasi ini, dari informasi status, nomor kepesertaan sehingga tak perlu bawa kartu, mengubah data peserta hingga mendaftar ke program Rehab.

“Jadi tak perlu datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Cukup gunakan jari-jari untuk mendapat informasi, mengubah, atau keperluan lainnya. Mudah dan pasti cepat. Karena tak perlu keluar rumah untuk melakukan semua hal itu,” kaya Desi menandaskan. (Tri Wahyuni)