STP Trisakti Dukung Pengembangan Kawasan Ekowisata di Purwakarta

0

JAKARTA (Suara Karya): Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti mendukung pengembangan Kawasan Ekowisata di Desa Cibeber, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

“Pengembangan dilakukan pada sektor seni budaya, perkebunan dan pertanian,” kata Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati saat menerima Kepala Desa Cibeber, Asep Anwar Sadat di kampus STP Trisakti, Jakarta, Senin (17/1/22).

Kedatangan Asep yang juga menjabat sebagai.Sekretaris Jenderal DPP APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) itu guna membahas peluang dan potensi yang bisa dikembangkan dari Desa Cibeber, baik itu sektor seni budaya, perkebunan dan pertanian.

“Pariwisata bisa menjadi ‘kendaraan’ masyarakat untuk terbebas dari kemiskinan. Selain memiliki kegiatan dalam menjaga lingkungan alam dan budaya untuk kepentingan sekarang dan masa depan,” ucap Asep.

Pihak STP Trisakti telah melakukan kunjungan balasan ke Desa Cibeber, yang diwakilkan Wakil Ketua STP Trisakti Bidang III, Ismeth Emier Osman dan Kepala Departen Usaha Perjalanan Wisata, Amrullah dan Tim STP Trisakti pada Kamis (20/1/22).

Kunjungan tersebut selain survey ke lokasi yang akan dikembangkan menjadi kawasan Ekowisata, juga dilakukan penandatanganan kerjasama (MoU) antara Desa Cibeber dan STP Trisakti. Kegiatan disaksikan langsung tokoh agama setempat, Camat Kiarapedes dan masyarakat desa.

Pada kesempatan yang sama, STP Trisakti Jakarta juga melakukan sosialisasi program beasiswa KIP Kuliah yang tersedia di STP Trisakti. Harapan, lulusan sekolah menengah di wilayah tersebut dapat melanjutkan pendidikan tinggi di STP Trisakti lewat jalur beasiswa dari pemerintah.

“Keberadaan mereka nantinya akan membantu dalam mengembangkan kegiatan ekowisata di desanya. Banyak hal-hal baru diciptakan, sehingga makin banyak orang yang berkunjung ke Desa Cibeber, Purwakarta. Dampaknya, ekonomi masyarakat di desa tersebut juga meningkat,” kata Ismeth menandaskan. (Tri Wahyuni)