STP Trisakti jadi Tuan Rumah UNESCO Summer School 2022

0

JAKARTA (Suara Karya): Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti terpilih menjadi tuan rumah UNESCO Summer School 2022. Kegiatan yang melibatkan institusi riset Università della Svizzera Italia (USI) UNESCO Chair Swiss itu berlangsung selama 16-23 Agustus 2022.

“Kebanggaan bagi kami menjadi tuan rumah UNESCO Summer School 2022. Karena masih pandemi, banyak negara yang tak bisa hadir. Namun, ada 27 peserta dari 8 negara yang hadir kali ini,” kata Wakil Ketua STP Trisakti Bidang III, Ismeth Emier Osman di kampus STP Trisakti Bintaro Jakarta, Rabu (17/8/22).

Ismeth menjelaskan, kegiatan bertema ‘IMAGINE-ICTs To Promote Sustainable Heritage Tourism’ itu mengajak sejumlah negara untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), guna promosi pariwisata berkelanjutan, baik itu warisan budaya dunia maupun warisan budaya tak benda di Indonesia.

“Nanti peserta UNESCO Summer School akan kami kenalkan dengan budaya Indonesia, lalu mereka mempromosikan dengan menggunakan TIK, yang meliputi e-Tourism, e-Learning, dan ICT4D (ICT for Development),” tutur Ismeth.

Ditambahkan, Sekolah Musim Panas UNESCO saat ini memasuki tahun ke-7. “Karena pandemi, kegiatan ditunda selama 2 tahun. Pada 2022 diselenggarakan di Indonesia bekerja sama dengan STP Trisakti,” tutur Ismeth seraya menambahkan peserta berasal dari Indonesia, USA, Swiss, Italia, Peru, Serbia dan Thailand.

Bila pada hari pertama kunjungan ke Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi Bogor, maka pada hari kedua peserta mengikuti kegiatan di kampus STP Trisakti. Bertepatan dengan peringatan kemerdekaan RI ke 77 peserta mengikuti upacara bendera.

Di kampus STP Trisakti Jakarta, peserta mengikuti sesi pembelajaran dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani, M.Sc, Moe Chiba, Mayjen TNI Dr. Budi Pramono, Sisca Soewitomo, Didiet Maulana, Hokky Situngkir, dan Dr. Puspita Ayu Permatasari, M.Rech. (Tri Wahyuni)